Jurnal MP-ASI 7 mos Hudzaifah

Bismillahirrohmanirrohiim,

Alhamdulillah hari ini Ujai masuk 8 bulan... Berikut , sedikit review dari makanan yang dikonsumsi  Ujai sebulan kemarin.
Diusia 7 bulan, Ujai mulai kenalan sama protein hewani dari mulai Ayam (Kampung), Ikan (Nila, Bawal, Salmon, Patin), dan Hati Sapi. Syukur Alhamdulillah belum ada reaksi Alergi yang muncul dan alhamdulillah juga Ujai lahap banget makannya (belum ada drama GTM, smoga enggak deh ya,aamiin). BLWnya juga udah semakin lancar jaya, hihihi... yang asalnya diremes-remes, dibanting-banting, sampe dilemparin, sekarang Ujai udah sadar bahwa semua itu makanan dia, hahahaha... Terima kasih Hudzaifah sayang... ada catatan untuk buncis ternyata lebih banyak keluar airnya dengan cara dibakar/dipanggang, selebihnya yang BLWan selalu saya steam (kecuali buah-buahan).

Sayur mayur dan buah-buahannya juga lebih variatif dan tekstur makanan semakin mengental, seiring kemampuan Ujai menguyah dan mengenali tekstur makanan. Ujai juga sudah dikenalin sama makanan asli nusantara hehehe,... dari mulai sukun, oyong, pakis, terong ungu, waluh baby (labu siem), kesemek manis, jambu air, sampe blewah. Karena tergolong emak nekad, saya sudah beri Ujai puding roti (gandum) pisang, Jamur Kuping, Lassi, dan Quinoa (Pearl) hehehe.. Untuk unsalted butternya saya pakai Elle n Vire, lalu untuk yoghurt plainnya dari Yoplait Baby dan Petit Miam. Kalau EVOOnya (Extra Virgin Olive Oil) saya pakai merk Bartley premium. Oh ya, hindari memberi makanan 2 macam protein hewani sekaligus dalam 1 hari ya.. sudah dicontohkan Rasululloh pastinya. Kalau dari ilmiahnya akan membentuk kolesterol dalam darah. Misal 1 hari menunya ikan saja, atau ayam saja, tidak dianjurkan ayam dan ikan dikonsumsi dalam 1 hari.

Untuk berat badan Ujai naik 875 gram dari bulan lalu, kalau menurut WHO kelebihan berat 575 gram  sih.. Heuheu.. Semoga suatu saat bisa ideal yah nak.. Ehehehe, sing penting sehat terus ya sayang...

Berikut Jurnalnya,


Ada beberapa teman yang nanya, resepnya darimana ? selain dari internet, rata-rata saya dan suami bikin menu special kreasi sendiri, hehe.. intinya untuk makanan utama adalah karbo, protein  hewaninya, dan sayurnya selalu dipisah, biar kenal rasa dan tekstur dari macem-macem bahan makanan. Dibalik itu semua, ada emosi positif yang disampaikan dari si pengolah makanan kepada penikmat makanannya lho... Dan sisi itu selalu jadi magnet buat saya dan Ujai. Jadi bukan sekedar ritual makan, dan menyuapi semata ☺

Well, pada dasarnya setiap anak berhak mendapat makanan yang bergizi untuk pertumbuhannya. Gol jangka pendeknya adalah bahwa anak kita tumbuh sehat. Kalau sudah sehat lantas buat apa ? Nah, inilah PR setiap orangtua yang mau menjadikan titipanNya sebagai apa. Dan, tergantung dari orangtuanya menyikapi episode pemenuhan gizi anaknya seperti apa. Bagaimanapun prosesnya, tentu punya cara masing-masing untuk memberi yang terbaik buat anak ya.. yang pasti, tujuannya karena Alloh SWT, menjaga dan membesarkan amanahNya sebaik-baiknya. Sekian.

Semoga bermanfaat.

Comments