Pengalaman Berobat Mata BPJS di Cicendo #2

Yuhuuuu... lanjut lagi ceritanya yak...


Maret -  Agustus 2016

Setelah ngantongin Surat Rujukan dari Puskesmas & RSU Pindad, saya ke RS Cicendo (lagi). Kali ini gak ke Poliklinik Paviliun, tapi ke Poliklinik Reguler karena saya akan pakai jalur BPJS.

Cerita sedikit ya,... sudah jadi rahasia umum, kalo mo ambil nomer pendaftaran mending subuh. Dan ya, banyak banget yang bilang gitu ke saya selama disana. Tapi, setelah saya coba berbagai macam jam, hasilnya adalah... mo jam berapapun kita dateng, pulangnya selalu lepas Dzuhur (diatas jam 12). Untuk menyiasati hal itu, saya selalu datang jam 9.30-9.50. Karna ambil No Pendaftaran ditutup jam 10. Pokonya mepet waktu tutup, biar jeda waktu dipanggil ke loket pendaftarannya gak terlalu lama. Jangan lupa siapin stock sabar yaa...

Kalau kita mau ke Poliklinik Reguler, pintu masuknya di sebelah kiri gedung. Begitu masuk kita ambil no antrian pendaftarannya di Satpam, sebelah kiri pintu masuk. Waktu itu RS Cicendo lagi di renovasi a.k.a kuriak jadi lumayan hareudang dan rada sumpek karna penuh orang, kipas angin dikit....

Ini sisi Gedung sebelah kiri RS Cicendo

Ini dia Pintu masuk Poliklinik Reguler

Pintu Masuk Poliklinik Reguler

Ambil no Antrian disini ya, persis sebelah kiri Pintu Masuk Poliklinik Reguler

Loket Informasi ini juga posisinya sebelah kiri Pintu Masuk Poliklinik Reguler, gak jauh dari Bapak Satpam tadi (hihi)


 Sebagai informasi per September 2016 udah ada sistem yang lumayan ngefek dari segi waktu. Ini dia ;








Prinsipnya, kita harus selalu bawa [ASLI & Fotocopy] :
1. Surat rujukan dari Puskesmas/RS yang bersangkutan
2. Kartu BPJS,
3. Kartu pasien RS Cicendo,
4. Bukti bayar BPJS,
5. KTP
6. KK

Waktu itu, belum ada sistem diatas, jadi semuanya makan waktu. Pokonya siap kosongin 1 hari full ya, biar kita ikhlas ngejalanin disananya [heuheu..naoon deui].

Sebagai informasi, No antrian pendaftaran Poliklinik Reguler ini ada 3 jenis ;
1. A untuk anak-anak, Misal : A49
2. B untuk pasien yang datang tanpa melakukan sms sebelumnya, Misal : B17
3. C untuk pasien jalur sms, Misal : C84

Udah ketebak dong yang antrinya paling lamaaa adalah jalur B !
Jadi usahakan kita sudah SMS minimal 1 hari sebelum kita berobat ya...

No Antrian A,B,C selalu terpampang nyata di layar atas situ tuuuh 

Di loket pendaftaran, pertamanya kita akan selalu ditanya,"Mau kebagian apa?", berhubung saya sudah tau bahwa mata saya ada katarak, karena sebelumnya saya sudah "curi start" berobat ke Poliklinik Paviliun, otomatis saya jawab "ke bagian katarak" nanti mereka yang akan ngisi & mengatur Map Rekam Medis kita. Dan kita hanya diminta untuk tanda tangan di Surat Elegibilitas Peserta. kertasnya kecil gitu, trus kita dikasi lembar warna kuningnya. Seperti photo dibawah ini :

Ini dia penampakan SURAT ELEGIBILITAS. 

Kertas kuning ini semacam surat sakti untuk kita disana, yang berlaku hanya untuk hari itu saja. Begitu selesai, kita akan diberi tau ke lantai berapa, sesuai poli yang kita tuju. Kalau saya, bagian Katarak ada di lantai 2.

Loket Pendaftaran Poliklinik Reguler RS Cicendo per Januari 2017



Poli Katarak

Di depan Poli Katarak kita duduk dengan pemandangan ini :






Setelah 1 jam nunggu, akhirnya nama saya dipanggil oleh dokter residen (seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya). Dan masuk ke ruangan yang gelap tapi luas. Disana kita di periksa tekanan bola mata & koreksi mata.
Kemudian diperiksa oleh beberapa dokter residen lain yang kemudian saling berdiskusi didepan saya, ada yang serius, ada yang cekikikan, dan ya jujur saja, saya seperti kelinci percobaan. heu...
Intinya adalah mata saya tidak bisa dioperasi karena ada Infeksi.
Poli Katarak bilang "Infeksinya diobatin dulu, setelah sembuh, baru bisa operasi katarak" saya manut, dan mereka antar saya ke poli Infeksi.


Poli Infeksi





Masih di lantai 2 juga koq, sampe sana antri lagi dong... nunggu dipanggil suster untuk cek koreksi mata di ruang Visus, lanjut antri lagi nunggu dipanggil dokter (lagi). Proses sampe disini itu bisa makan waktu 1-2 jam sendiri lho...

Ini dia Ruang Visusnya

Sependek pengalaman saya 6 bulan di PoliReguler, bisa lama banget gitu karna dokter residennya sedikit yg aktif nanganin pasien, banyaknya mreka nunggu dokter kepala/dokter seniornya dateng, biar bisa ambil keputusan. Kebayang kan pasien numpuknya kyk gimana klo dokter kepala/dokter seniornya lagi ada operasi/seminar/belom dateng entah karna apa. *kalo ngebayanginnya lagi suka emosi sendiri*

Balik ke cerita, setelah 1 jam menunggu, akhirnya saya dipanggil & ditangani oleh dokter residen. Priksa priksa, sampai dokter residennya bilang  "Lha ini kataraknya kudu diambil dulu bu, baru Peradangannya bisa kita obatin" eaa...
Saya seperti.... kelinci percobaan yang lagi di ping pong in. Hiks...

Long story short, akhirnya : Infeksinya diobatin dulu. Kalau bola mata udah tenang, baru bisa ditindak (di operasi katarak).

Kalau suami bilang, sama aja dengan "jangan cabut gigi, kalau lagi sakit gigi"


Bacanya simple ya, padahal aslinya mah... heuuuuu.....



Lanjuuuut,...

Sejak Maret 2016 saya berobat jalan untuk menyembuhkan Infeksi atau Peradangan yang ada di mata kanan saya saja. Kasus saya, mata kanan saya selain ada katarak, juga ternyata kena peradangan juga, namanya peradangan Uveitis. Si Uveitis ini ada berbagai macam jenisnya, saya kena yang Anterior. Jadi penyakit peradangan saya namanya adalah Uveitis Anterior.

Nah,... obatnya berbagai macam juga,... ada tetes dan ada salep.
Progres tiap bulannya adalah durasi netesinnya semakin lama semakin sedikit. Misal, pertama pakai obat tetes dosisnya sehari 6x (disertai jam jam jadwal penetesannya) makin lama dosis penetesannya jadi sehari 1x. Sama halnya dengan jadwal kunjungan berobat. Dari mulai 1 minggu sekali sampai 3 bulan sekali.

Salep Mata yang dipake waktu mata saya merah kena iritasi



Obat Peradangan yang setia dari awal sampe akhir Pasca Operasi.



Ini juga termasuk yang setia ngobatin peradangan dari awal sampe akhir Pasca Operasi

Kalau di Apotek Cicendo kehabisan obat, kita akan dikasih resep seperti ini, untuk ditebus diluar RS Cicendo. Biasanya saya tebus di Apotek persis sebelah RS Cicendo. Alhamdulillah selalu ada, disini kita bayar sendiri (non BPJS)

Ya, memang mata ini pengobatannya lamaaa banget. Saya pernah sampai di titik jenuh. Pernah hampir nyerah, karena cape, mana sering ninggalin bayi, dan bosen dengan rutinitas : antri pendaftaran, antri poli, nebus resep ke apotek yang mana kudu fotocopy Resep Dokter + Surat Kuning itu lho, lanjut ke loket 10 untuk minta cap (disini antrinya manusiawi) laluuu...  antri juga di tempat foto copy annya, heuheu.... mana sering main sikut, srobot srobot, bikin kzl. Belom lagi yang terakhir dari rangkaian antri-antrian adalah : antri di Apotek untuk nebus obat. Bisa 3 jam sendiri untuk antri Apotek ini. *PilkitaManaPilkita*

Kalau lagi bawa Hanz, saya ambil obatnya dibesokin. Begitu dapet no antri di apotek, saya langsung pulang. Besok paginya diambil oleh suami. Pengalaman saya selama berobat di Cicendo Poliklinik Reguler dari awal sampe akhir terima obat, durasi waktu paling cepet 5 jam, dan paling lama 9 jam. *tenggakmadu*


Sebenernya, ada juga masa-masa saya eling, hehehe.. artinya saya menerima kondisi dan penanganan yang akan dihadapi,... dijalanin aja gak usah banyak protes, namanya juga BPJS... ada masa-masa saya merasa masih beruntung tinggal di Bandung, dekat dengan RS Cicendo, karena mayoritas adalah pendatang dari luar kota Bandung. Rumah Sakit Cicendo ini kan tingkat propinsi ya, jadi dari berbagai macam daerah dateng. Saya sering diajak ngobrol sama beberapa sepuh yang dateng sendirian dan kadang juga diantar oleh cucunya, dari mulai Garut, Lampung, Banjaran, Subang, Bogor, Aceh, sampai Kupang NTT. Mereka sudah tua tapi masih semangat dateng jauh-jauh untuk ikhtiarin matanya. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari setiap kejadian, memang gak melulu sesuai dengan harapan, tapi darimana kita belajar kalau gak dari masalah yang dikasih ? Satu yang saya inget dari suami, "Sebenarnya setiap masalah itu Netral. Kita yang nentuin dia jadi positif atau negatif". Kalau bukan karena anak-anak, saya mungkin udah nyerah di 3 bulan pertama. Yang paling sedih ada kasus yang 30 menit lagi akan operasi tapi karna tekanan darah tinggi, mereka jadi batal untuk operasi dan harus pulang ke rumahnya... di Lampung. Kebayang gak sih energinya ? trus ada bayi baru lahir kena glukoma. Bayi yang gak berdaya, cuma bisa tidur sama nangis itu di depan mata. Merintih mungkin sakitnya gak ketahan, sementara ibunya keletihan... Gustiii... Ngedenger ceritanya aja saya seriiiing baper sampe bikin mewek, kyk ketampar bolak balik, karna saya koq ternyata gak bersyukur pisan, dll....

Belom lagi prosedur untuk Operasi itu dari A sampai Z. Cek ina inu... sampe takjub bisa sekompleks itu.
Nah, cerita prosedur operasinya di postingan selanjutnya ya...


Kakak Hudzai nemenin Ummi antri sambil ngabuburit (waktu itu lagi Bulan Ramadhan)

Poli Infeksi. Biasanya Dokter Kepala (Spesialis) duduk paling ujung kiri situ.
Ini dia dokter spesialisnya, yang dari awal nanganin saya dari mulai USG Mata di Paviliun sampai berobat jalan di jalur Reguler BPJS.

Selalu nemenin Ummi, bayi merah yang gak pernah rewel sekalipun. Alhamdulillah.

Ini dia kecil-kecil cabe rawit. 1 tetesnya aja udah bikin seluruh badan, tangan, kaki saya bintik-bintik merah. Baru pertama kali ini saya alergi obat. Jadi, saya abadikanlah ya biar gak lupa nama obatnya juga sih hehehe...

Apotek Poliklinik Reguler.
Juara antrinya bisa 3 jam sendiri.

Kantin Poliklinik Reguler.
Lumayan banyak pilihan menu kalo lagi darurat laper & haus

FYI

Toilet di Lantai 2,  Poliklinik Reguler
Ini dia Loket 10. Si Kertas kuning selalu difotocopy setiap pergantian tindakan lalu disetor kesini.
Juga surat kontrol kita untuk berobat jalan yang harus dicap di loket ini setelah dapet dari dokter.

Disinilah biasanya antrinya bak uler naga panjangnya bukan kepalaaaaaaaang....


Comments

  1. Pengalaman saya, dari Puskesmas rujukannya ke Klinik Utama Bandung Eyes Centre Jl. Sumatera. Enak, ditanganin langsung sama dokter spesialis mata yang kompeten. Tindakan medis seperti operasi katarak, suntik retina, dll juga bisa dilaksanakan di sana. Tempatnya walau kecil tp cukup nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... terima kasih sudah berbagi pengalamannya mbak Rena.

      Delete
  2. Saya mau Tanya Bu, kalau saya dari luar pulau kemudian mendapatkan rujukan ke Cicendo, apakah proses pendaftarannya melalui SMS juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kurang tau mas. Semoga skarang sudah sehat ya..

      Delete
  3. Kalau pasien baru bisa daftar lwt sms..atau sms berlaku hanya u.pasien yg akan kontrol lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pasien baru langsung dateng aja mas/mbak, nanti bpk/ibu satpamnya disana ngebantuin registrasi kita.

      Delete
  4. Mba kayanya alergi sulfa, kalo diliat dari nama obatnya. Boleh di tes mba untuk meyakinkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih banyak atas infonya ya πŸ™πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ barakalloh 🌼

      Delete

Post a Comment