Pengalaman Operasi Mata di Cicendo #4


Assalamualaikum !

hmmm.. maaf kelamaan updatenya, heuheu... oke lanjut ceritanya ya...


27 September 2016

Saya inget banget dipanggil suster di Ruang Dahlia itu jam 10 pagi.  Lalu saya digiring pake kursi roda oleh suster menuju gedung lain, lalu ke lantai 6. Suami masih ikut mendampingi. Sesampainya di lantai 6, mulai degdegan. karena suasananya terang dan dingin bener. Kita diminta ganti baju, pake baju operasi. Sampai disini aja pendamping boleh nemenin. Setelah itu saya diminta masuk ruangan lain, dan ternyata antriiii lagiiiii dooong... kirain bakal langsung tindakan.  saya duduk paling belakang, di depan saya ada lebih dari 20 orang yang lagi nunggu untuk operasi.. hmmfftt... Oia, jilbab dibuka, kita dikasih penutup kepala doang.. ini bikin baper, karena leher keliatan, saya nangis pelan mengutuki prosedur ini.. Alloh tidak tidur. Semoga saya diampuni.

Balik ke cerita, setelah nunggu 20 menitan, nama saya dipanggil, ternyata untuk diinfus, entah dikasih infusan apa saya udah gak konsen bawaannya pingin cepetan aja ini operasinya. Abis diinfus kita duduk lagi dengan selang menjuntai layaknya pesakitan. Nunggu dan nunggu lagi.... saya liat saya orang terakhir yang operasi hari itu. Nama saya dipanggil jam 12 siang, masih pakai kursi roda saya digiring suster ke ruang operasi klo gak salah ruangannya no.8... melintasi beberapa kamar operasi dengan dinginnya AC yang makiiin dingin bikin gak nyaman. Disini saya ketemu dengan kakak ipar yang qodarullah jadi dokter anestesi saya. Beliau meminta saya untuk tenang, rileks, dan banyak berdoa. gak lama pintu operasi kebuka lebar. Ruangannya besar dan gelap (yang saya rasain), lalu saya pindah ke kursi operasi, mirip kursi klo kita ke dokter gigi. Terdengar suara dokter SH, beberapa suster. Dan akhirnya dokter anestesi kedua bilang "Halo ibu Tessi, sebentar lagi akan dibius ya tapi lokal aja ya, kalo kerasa sakit segera bilang, banyak doa ya bu, mohon kerjasamanya ya" saya cuma bisa ngangguk. Sebelum saya dibaringkan, saya inget banget depan saya jam digital warna merah segede gaban menunjukan jam 12:00:17.

Sempet kaget juga ternyata pake bius lokal dan benar dugaan saya, kita dioperasi secara sadar. Bisa dibilang ini operasi cepet banget. telinga saya 100% denger semua percakapan yang berlangsung. dari mulai "Duh laper ih", "Ambil bvdf*&^$#@!" (obat keknya), "Kenapa sih baru sekarang ketemu", "Dasar ya dokter mah sok aya aya wae" dan lain sebagainya. Saya ? Alhamdulillah gak ngerasain sakit sama skali, cuma saya tau dan kerasa banget ada banyak tangan yang buka mata dan menyayat lensa mata saya, karna saya dilarang berkedip ! Gak lama saya denger "Alhamdulillah operasinya sudah berhasil ya bu Tessi" saya cuma bisa berdoa. begitu posisi badan saya didudukan kembali, saya liat jam depan saya menunjukan 12:15:08. Ya, Operasi katarak saya 15 menit. 15 menit untuk 7 bulan penantian. Alhamdulillah.

Read Carefully ya... ini benar adanya pemirsa.

Saya bisa bilang, Pasca operasi ini yang justru sungguh menyiksa. Sing lancar dan dikuatkan kesabarannya ya !

Ini obat diminum pra sampai pasca operasi dan obat ini yang bikin pipi saya kyk kena beri-beri. bapau lewat. Saya ngalamin pipi super jibeuh selama 5 bulan. 

Ini obat tambahan tetes pasca operasi. Gak perih sama sekali, malah nyegerin mata.
Pasca operasi, saya inep 1 hari. Jadi tanggal 29 September, saya pulang. Kontrol pasca operasi katarak adalah sehari setelah operasi, 3 hari setelahnya, 1 minggu setelahnya, 2 minggu setelahnya, 1 bulan setelahnya, sampai 2 bulan setelahnya.

Pada kunjungan saya ke 4 kalinya, yaitu kontrol mata 1 bulan setelah pasca operasi, saya mulai koreksi mata. Dilihat plus / minus nya. Dari bagian infeksi kita akan dapat surat pengantar untuk ke bagian refraksi di lantai 3. dibagian refraksi kita ikutin beberapa macem test. Entah namanya test apa aja, tapi sepertinya sudah prosedural. Dibagian ini gak begitu lama antrinya, Alhamdulillah. Final resultnya kita dapet 2 lembar kertas kecil. Yang 1 resep ukuran kacamata, yang 1 nya lagi surat keterangan Membutuhkan-Kacamata. Seperti ini,

Begitu surat ini ditangan rasanya lega bener...


Alhamdulillah kunjungan berobat saya ke Cicendo berakhir tangal 16 Februari 2017 kemarin. Dengan kondisi mata kanan yang semakin membaik, dan berfungsi dengan sebagaimana mestinya. In Shaa Alloh.

Semoga ke-4 postingan pengalaman saya bisa diambil pelajarannya ya, untuk yang akan dan sedang berikhtiar, in shaa Alloh. Semoga semua urusan dimudahkan, dan diberikan kekuatan untuk bersabar ngejalanin ikhtiarnya. Aamiin.


Comments

  1. Assalamualaikum mbak.. saya sedang survey cari2 referensi mengenai RS Cicendo untuk tugas akhir saya, Alhamdulillah ketemu sama blognya mbak. Saya boleh izin pakai fotonya? Saya cantumkan juga sumbernya, saya juga baca tulisan mbak mengenai berobat disana, jadi terbayang bagaimana kondisi real dan alurnya berobat disana, yang mana membantu sekalii dalam proses pengerjaan TA saya. Mohon izin utk foto referensi ya mbak, doakan TA saya lancar. Saya doakan mbak jg sehat selalu dan ujian sakit kemarin dr pengalaman mbak bisa jadi pelajaran kita semua :) terimakasih mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam wr.wb. Annisa,
      Mohon maaf baru baca skarang yah hehe, ya monggo silahkan.
      aamiin, terima kasih sudah konfirmasi juga ya Annisa, dan semoga skarang makin sukses ya...

      Delete
  2. Assalamualaikum, ka boleh minta no WA nya, aku mau sharing masalah mata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarakatuh, boleh ke email ya : tessi.oktavia@gmail.com.
      Terima kasih sudah mampir ke sini yaa

      Delete

Post a Comment