Cerita Kehamilan & Persalinan Anak Kedua

Banyak yang nanya seputar kehamilan sampai persalinan anak kedua saya. Karna sebelumnya saya gak sharing disini, tidak seperti kakaknya yang saya ceritakan disini. Kenapa ? karna belum sempet keburu edisi cicendo, anak pertama mulai aktif bebikinan, kerjaan remote, jalanin bisnis sendiri, dll dst.. Itulah mengapa di archive blog ini, taun 2015 kosong πŸ˜… Sebagai perkenalan yang telat banget, anak kedua kami namanya Hanzholah. Panggilannya Hanz.
Hanzholah Kenan Husnayan

Dulu sekali, jaman masih SMA, saya selalu penasaran sama mulesnya ketika melahirkan. Mostly pada bilang "mulesnya 100x lipat dari menstruasi". Sebagai perempuan yang setiap mens selalu dirundung mules, saya makin penasaran. Sampai begitu nikah, saya bilang sama Sam, suami saya,  bahwa "someday saya pingin ngerasain mulesnya melahirkan." Buat sebagian orang hal mumulesan udah bukan masalah ya, apalagi perempuan-perempuan jaman dulu(&jaman skarang ofkors) yang anaknya lebih dari 3. Saya salut banget pokonya  πŸ‘πŸ‘ Karena buat saya, ini challenging 😁

Sampai saat melahirkan anak pertama, Agustus 2013 silam, saya gak ngerasain yang namanya mules sama skali. "Wah, belum rezeki", batin saya.
Rupanya Alloh SWT berkehendak saat melahirkan Hanz. Alhamdulillah masih dikasih kesempatan ngerasain mulesnya saat melahirkan. Gak bisa dilukiskan rasanya 😁

Warning : Postingan ini sangat panjang, dan hanya menarik untuk dibaca bagi emak-emak yang haus info seputar kehamilan dan persalinan aja.
Ok, here we go... Bismillah... Kira-kira begini kronologisnya...


April, 2015

Hudzai berusia 1tahun 8bulan, ketika Hanz berusia usia 3minggu dalam rahim saya. "Alhamdulillah dipercaya punya amanah lagi" kami ucap syukur... karna memang kami ingin memiliki anak lagi pada waktu itu. Jadi ceritanya do'a kami diijabah. Hudzai tumbuh jadi pribadi yang tenang, kaleum, introvert, dan cenderung anteng sama apapun disekitarnya. Ngajak jalan-jalan dia, udah paling santei... karena anaknya mudah diarahkan, dan sangat kooperatif. Alhamdulillah...


Mei - November, 2015

Proses kehamilan Hanz beda dengan kakaknya dulu. Saya gak mabok sama sekali. Tanpa keluhan apapun. Makan semua masuk, minum apalagi. Gak ada drama eneg pusing mual muntah. Lempeng aja gitu, kyk gak lagi hamil. Aktifitas banyak tapi alhamdulillah Hanz kooperatif pada jamannya. Saya juga lebih santei ngejalanin setiap minggunya, banyak yang bilang karna "hamil kedua kali, sampai seterusnya mah udah santei, gak kek anak pertama"... hmmm, ada benarnya juga ya πŸ˜…

Ke dokter spog selama 9 bulan cuma 4x. Awal, tengah, akhir 2x. USG cuma 2x 😁
Dokter spog di awal dan tengah ditangani sama kakak ipar sendiri, dan alhamdulillah semuanya sehat & normal. Pemeriksaan di akhir-akhir persalinan, saya pilih dokter D, karena kakak ipar saya mo pergi Umroh jadi gak bisa handle didetik-detik terakhir. Disinilah #imo paling berkesan.

Oya mumpung inget, saya ngalamin sakit gigi terparah sepanjang hidup di dunia #duile pas bulan Juni-Juli 2015. Gigi geraham keropos tapi keknya udah kena syarafnya gitu, jadi sakitnya cuma bisa mewek doang. Pasrah. Karena gak boleh minum obat pereda nyeri apapun. Cuma bisa kumur-kumur  air garem aja, sakitnya on off, datang dan pergi.

Sejak usia kandungan 27minggu, saya rutin jalan cepat sampe selow di gasmin (orang Antapani pasti tau nih). Biar fokus gerak jalan dan lari kecilnya. Kalo dijalanan banyak godaan, seringnya malah jadi jalan santei. Sebenernya geregetan sendiri karna gemes bawaannya pengen lari beneran muluπŸ˜‚


Desember, 2015

Awal Desember pertama kali ketemu dokter D di RS Al Islam Awibitung. Alhamdulillah deket rumah. #IMHO Dokter D ini super ramah, informatif dan detail, pemirsah... neranginnya enak, dimengerti untuk ibu awam model gini. Yang sering mati kutu klo udah dihadepan dokter. Belajar dari pengalaman hamil anak pertama, saya selalu catet di notes kecil apa aja yang akan saya tanyakan, dan dibuka pas dihadapan dokter.😁

Long story short, 36minggu hamil,  posisi bayi masih belum masuk panggul, tapi kepala sudah dibawah. Seperti tinggal lep mo masuk panggul gitu... Lalu saya ceritakan riwayat kehamilan pertama. Dokter D penasaran keknya ada sesuatu dengan panggul saya. Jadilah PD (Pemeriksaan Dalam) disarankan. Saya setuju untuk segera ditindak PD. Rasanya ngiluuu😢
Dugaannya benar. Anatomi panggul saya tidak seperti kebanyakan perempuan. "Bentuknya spesial", begitu kata beliau, menenangkan saya. Saya kaget dan pelan-pelan berusaha mencerna setiap kata dari mulutnya. Srasa slow motion gituuu πŸ˜• Gak pake nanya, beliau menjelaskan dengan detail.
Jadi, anatomi panggul saya ini mix antara Ginekoid dan Android. Rrrr bukan HP yah... πŸ˜›

Kebanyakan perempuan anatomi panggulnya Ginekoid. Untuk lebih jelasnya bisa baca disini. Intinya, peluang untuk melahirkan normal melalui vagina (kembali) gak bisa terlaksana. Karena kalau dipaksakan kepala bayi akan robek. Sebagai informasi, anatomi panggul saya, yang kanan Ginekoid, yang kiri Android (bentuknya cekung seperti bentuk hati, umumnya seperti panggul laki-laki). Hal ini kebilang langka 1:10.000.000 kata beliau. Saya udah pasrah aja waktu itu... campur aduk rasanya.

Saya inget Sam bilang, "Setiap manusia punya keunikan sendiri, Alloh nyiptain gak lagi iseng, gak asal jadi. Yang gak biasa mereka sebut 'kelainan', yang sudah biasa mereka sebut 'normal'. Gak usah jadi pikiran apalagi masalah kalau kita 'berbeda' sama yang kebanyakan. Udah rezeki umi. Yang jadi pikiran harusnya amal sholeh apa yang udah umi lakuin? Skarang mah baiknya terimain dulu bahwa umi beda sama yang lain." Saya? mewek lahhhhh....

Ikhtiar selanjutnya kita nyobain refleksi di Cijambe. Efeknya jadi lebih rileks aja siy...

Oya, dokter D ini antriannya panjaaaaaaang (pake banget gak ya), jadi baiknya ambil nomer pagi-pagi, trus pulang lagi, update antrian bisa telepon admin RS disana.



31 Desember 2015
Pertemuan ke-2 saya dengan dokter D. Hati sudah lebih tertata, penampakan makin gendut, berat badan 68kg persis sama kyk kehamilan pertama dulu, tekanan darah normal, tanpa keluhan apapun. Dengan kehamilan yang semakin dekat dengan due date (tanggal 10 Januari 2016), dokter D cek perkembangan janin, volume air ketuban, dll.. dan alhamdulillah semua normal & sehat. Berujung dengan topik panggul dan proses persalinan apa yang mendukung ibu dan bayi selamat. Pembahasan bergulir, dan sejauh ini belum bisa melahirkan melalui vagina. Fyi, dokter D ini pro normal, jadi beliau 'berat' banget mutusin saya untuk lahiran melalui SC. Beliau gak minta tanggal kapan mo lahiran, hanya menyarankan saya untuk lebih banyak minum air yang kadar oksigennya tinggi, karna baik untuk memperlancar peredaran darah, perkembangan janin, dll. Beres kontrol, saya dan Sam langsung ke Cijambe. Beres direfleksi kita langsung pulang ke rumah.
Begitu sampe rumah, ada mules tapi masih 20 menitan sekali.
Skitar jam 4sore keluar darah coklat, dan mules makin deket jaraknya. Sam khawatir, jadi dia ajak saya balik ke RS lagi. Sebelum macet malam tahun baruan, gitu katanya.

Sampe di RS, dokter D kasih saran untuk inep di RS, khawatir akan ada pembukaan cepat dan kemacetan malam taun baruan.
Menjelang Isya, suster datang untuk cek detak jantung bayi. Feeling saya juga gak akan nyampe ke HPL sih, HPL 10 Januari. Waktu Hudzai juga maju 3 minggu dari HPL.

Malam itu saya inget banget betapa gandengnya diluar sana, ada suara petasan, terompet, kembang api, anak-anak yang nyanyi sambil mukulin gentong, dll... perayaan khas menjelang Tahun Baru.
Malam itu saya gak bisa tidur. Mules on off, diluar sana berisik, dan di ruang sebelah ada seorang ibu yang sedang berjuang untuk melahirkan juga, sepertinya sudah pembukaan lengkap karena jeritannya ngalahin earphone saya. Mata panda ini semakin jelas. Kalau saya, begitu dateng mules udah gak napsu makan minum, jadi suami ngasih coklat sama air kacang hijau kemasan besar. Cuma itu yang bisa masuk mulut.


1 Januari 2016

Bisa ditebak langkah selanjutnya ? Ya, saya minta pulang. Abis sholat subuh saya minta pulang. Pengen istirahat dirumah aja. Suster telepon dokter D. Alhamdulillah diijinkan. Sampai rumah Hudzai nyambut dengan ceria, nanya kabar saya, dan "Adek bayinya mana ?"πŸ˜‚ Seharian istirahat sama Hudzai dirumah, sampai mules intens jam 5.30an sore. Jeda 5 menit sekali. Sam beberes dan langsung ngajakin ke RS.

Jam 6 sore, nyampe RS, mules udah teratur ritmenya... lalu di cek PD (masih) pembukaan 2. Kirain udah pembukaan 5 πŸ˜‚ (maklum belom pernah mules. Jaman Hudzai kan gak dikasih mules sama sekali. Jadi baru tau mulesnya melahirkan itu pas jaman Hanz). Lalu rekam jantung bayi, waktu itu Hanz muterrrr terus gak bisa diem, jadi alat rekamnya dipegangin suster, gak seperti biasanya yang ditinggal pergi. Sam minta saya makan nasi biar ada tenaga, walo gak napsu saya paksain makan nasi goreng, cuma berhasil 2 sdm. Sisanya pengen muntah, pabaliut sama mules yang masya Alloh... Gak lama kakak-kakak perempuannya Sam datang, dan nemenin saya. Kalimat-kalimat afirmasi selalu saya obrolin sama Hanz sejak kandungan 4minggu. Sam ada kepentingan mendesak jadi harus pergi.

Jam 7.40 malem, pembukaan 6. Mulesnya ajib. Kayaknya klo gak ditemenin teteh-tetehnya Sam, saya udah pingsan kali.. Teh Wida, layaknya seorang Ibu yang rela badannya saya krowotin, cakarinπŸ™ˆ darinya saya juga belajar nerima sakit, dan puncak perjuangan seorang Ibu adalah saat ini. Teh Endah, yang ngajak seuseurian sambil ngingetin beberapa hal yang essensial. Bikin saya jadi semangat lagi. Sam belom nyampe RS lagi. Masih dalam perjalanan menuju ke RS.

Jam 7.50 malem, dokter D dateng, pas baru nongol di pintu kamar, pas pecah ketuban. Mules menggila. Cek pembukaan udah pembukaan 8. Tapi panggul kosong, bayi muterin perut, gak bisa diem. Dia lagi cari jalan keluar. Saya ? pasrah. Nangis udah gak sangup, apalagi jerit-jerit kesakitan. Rasanya energi saya udah dititik 0. Sam kena macet dijalan.

Jam 8 malem, saya digiring ke ruang operasi. Sedih banget rasanya karna saya belum ketemu Sam. Doa-doa dari teteh-teteh terdengar begitu damai, melepas kepergian saya ke ruang operasi sendirian. Saya masih berusaha tetap waras dan atur napas, nerimain mules yang makin warbyasak.

Seinget saya, saya ketemu lampu operasi & meja dingin operasi (lagi) jam 8.10 karna jam besar tepat diarah kanan sudut mata saya. Kliatan jelas banget. Semua kru sibuk dengan job desknya masing-masing. Suara-suara peralatan bedah berisik. Dinginnya ruangan operasi bikin pengen makan indomi sama ninyuh kopi gak sih ? trus, alat-alat ditempel dibadan & ditangan saya. Prosesnya cepet banget.

Sayup-sayup saya denger dokter D bilang ke suster "bapaknya pengen ketemu dulu, kasian gak sempet". Ah...Sam dah nyampe! Alhamdulillah... batin saya tenang sebagian.... sebagian lagi ? sedang berjuang sama mules pembukaan 10. Udah ada dokter tapi gak boleh ngeden, karena klo ngeden kepala bayi bisa robek. 😭 Dokter D udah saya kerowotin sejadi-jadinya pas dia PD saya untuk tau pembukaan 10.

Lalu ada suara perkenalan dari dokter anestesi, seorang ibu separuh baya yang ramah dan intonasi suaranya bikin nyaman telinga. Beliau menjelaskan bahwa kasus yang dialami saya sangat langka (panggul mix Andro&Gine) sampai jenis anestesi yang akan beliau suntikkan pada saya. Dan juga ada dokter bedah, pendamping dokter D, seorang laki-laki yang sudah tua. Beliau sutradaranya. Beliau meminta saya untuk pasrah dan berdoa. Dan beliau memimpin doa kami semua malam itu. Ada hening yang syahdu, ada air mata yang menetes, ada erangan sakit yang menyertai semua itu. Saya pasrah. Selama operasi kondisi saya sadar sepenuhnya. Dokter anestesinya menemani setiap saya berdzikir, dan beliau mengaminkan doa saya. Ini pengalaman operasi kedua saya, 2x operasi, 2x beda teknik. Pas Hudzai, selama operasi saya gak sadar, ini kebalikannya.


Jam 21.50
Hanz lahir ke dunia. "Ibu Tessi, bayinya laki-laki, Alhamdulillah" kata sang sutradara. Saya langsung mengucap syukur sambil mewek. Dokter D ngelus-ngelus kepala saya sambil ngucapin selamat. Oya, cerita dikit, saya dan Sam sengaja gak pernah nanyain jenis kelamin bayi selama kehamilan. Taunya, biar nanti aja pas brojolan. Hanz si bayi gemuk merah bersih nangisnya kenceng bener, meronta-ronta dipelukan suster, saya cium-cium dia diem.. Gak lama dari situ, saya gak sadar, gak inget apapun,... sampai saya akhirnya bisa buka mata di ruang pemulihan pasca operasi. Ada Sam yang nyambut saya ketika saya buka mata. Rasanya bahagia banget. Walo gerak saya terbatas, tapi udah ada Sam, saya tenang. Kita rebutan cerita pengalaman masing-masing. Hihihi.... Gak lama ada dokter D masuk ruangan, beliau memberikan ucapan selamat dan ngobrol-ngobrol tentang seluk beluk kelainan panggul. Gak lupa juga saya meminta maaf, karena udah ngerowotin beliau membabibuta sebelum operasi tadi. Dokter D keluar ruangan, dateng suster bawa bayi mungil... "Ibuuuu...punten ini dedeknya nangis teruuus, coba disini ya bobonya"πŸ˜‚

Malam itu, jadi malamnya Hanz.



2 Januari 2016

Pindah ke kamar pasien. Rasanya pengen tiduuuuuuuuurrrrr. Tapi harus belajar balik badan kanan kiri, belajar duduk sampai maksain jalan ke toilet, karna biar cepet bisa pulaaang πŸ’ͺπŸ’ͺ dan gak mandi itu kareunang ya bok... walo hawa dingin pengen slimutan. Alhamdulillah bisa ditemenin sama Ami, ponakan tersayang. Mama dan Bapak Mertua datang jenguk. Saya ? kangen Hudzai.



3 Januari 2016

Pagi itu saya ditemani Sam. Latihan jalan kaki bolak balik keliling RS dari subuh. Saya mandi dan keramas secara mandiri. Gak lama, adik saya sekeluarga datang menjenguk. Karena saya sudah bisa jalan tegak (gak bungkuk) saya diperbolehkan pulang. YES! kita bertiga pergi dari rumah sakit skitar jam 11 siang. Sebelum pulang, saya makan jatah makan siang saya di RS. Alhamdulillah dimudahkan... Badan masih gak karuan, pengen istirahat.
Sampai rumah, kita bertiga disambut penuh suka cita sama Hudzai & Ibu mertua... Alhamdulillah...

Bisa dibilang, setiap kelahiran Hamba Alloh ke dunia ini, punya keunikan masing-masing ya... mereka punya caranya sendiri... Masya Alloh prosesnya jadi pengalaman paling spesial buat saya.
Waktu Hudzai, saya gak ngerasain mules sama sekali, pecah ketuban, oblique, dan gak masuk panggul.
Waktu Hanz, saya ngerasain mules dari pembukaan 1 sampai 10, pecah ketuban dan gak masuk panggul. Bisa dibilang, prosesnya normal, ujungnya caesar.
Ntar anak ketiga gimana ya ? πŸ˜‰

Yang masih bikin penasaran : Rasanya ngeden gimana sik ? 😁
Oya, kalau ada yang mau tanya biaya bisa japri via email.

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan ya...
Buat saya, bagaimanapun proses melahirkan anak, tidak mengurangi esensi kita sebagai seorang Ibu.


Notes :
Hudzaifah, HPL 10 September 2013
Lahir 17 Agustus 2013,  20.55WIB.
Hanzholah, HPL 10 Januari 2016
Lahir 1 Januari 2016, 21.50WIB.

Comments