Pengalaman Berobat Gigi di RSKGM #1

Sebelum 2017 ini berakhir, ada baiknya saya sharing pengalaman berobat ke dokter gigi di RSKGM, dari mulai scalling, cabut gigi, sampai operasi gigi.😁 #postingantelat

Setelah 2016 tahun Mata, tahun ini saya dedikasikan untuk Gigi. hehehe....
Mumpung ada waktu, sehat jasmani dan rohani, saya memulai petualangan berobat gigi dengan modal BPJS.😁

Sebenernya berawal dari Mata Katarak. Karena salah satu penyebabnya adalah Gigi Keropos. Itu sih yang bikin mau ke dokter gigi lagi setelah sekian taun enggak. Jadilah main-main ke puskesmas lagi, dengan alasan pengen di scalling (bersihin karang gigi), karna di puskesmas dekat rumah gak ada fasilitas dokter gigi, jadilah dikasih surat rujukan ke RSKGM. RSKGM itu Rumah Sakit Khusus Gigi Mulut, di Bandung.
Penampakan surat rujukan dari Puskesmas
RSKGM letaknya di jalan Riau, sbelahan sama RSIA Limijati (eh kehalang 1 rumah deng),
Ini dia penampakannya

Pertama kali kesana Januari 2017. Begitu masuk, kita mlipir ke satpam yang udah mejeng dipinggir pintu masuknya, untuk ambil nomer pendaftaran. Awalnya saya lieur karna banyak orang bener, satpamnya gak kliatan hihi... Seperti yang sudah-sudah, penuhilah stock sabar dan makanan ringan di tas yah... Karna petualangan segera dimulai... FYI, pendaftaran dibuka jam 8 sampai jam 10 pagi, WIB.

Nah kek gini... ntar kita ditanya mo ngapain kesana.. doi yang atur bagian kita ke loket berapa

Setelah dikasih nomer antrian Pendaftaran,



Saya diminta untuk General Consent dulu,... tenang, cuma ukur tinggi dan berat badan aja koq.. Tempatnya lurus aja dari pintu masuk, sampe mentok ke lift, nah pemeriksaannya persis di sebrang lift. Kek gini,


Waktu itu penuh sekali, foto diatas saya ambil pas udah tutup, siang jam skitar 1 siang. Nanti kita langsung minta antrian nomer aja disana... kek gini,

sorry fotonya blur πŸ˜…

Beres general consent, kita balik lagi ke depan gedung untuk antri pendaftaran. Setelah nomer kita dipanggil, kita ke loket yang dituju, lalu kita diminta untuk isi form (karna baru pertama kali ya... untuk dapetin kartu berobat RSKGM)


Setelahnya kita dapet kartu RSKGM (berupa karton tebal, jadi laminating sendiri yak), dan nomer antrian ke klinik, sesuai surat rujukan. Waktu itu, saya kebagian di lantai 2.



Dilantai 2 ini udah penuh orang juga, kurang lebih 35 menit nama saya dipanggil suster. Lalu saya dipersilahkan ke Dokter Gigi paling ujung, karna kosong.
Klinik Eksodonti ini 1 ruangan terdiri ada 3 Dokter Gigi. Semuanya perempuan. Alhamdulillah dokternya ramah + murah senyum #penting

Setelah di scalling, dokternya minta saya untuk rongen Gigi ke bagian Radiologi, untuk ngeliat penampakan seluruhnya agar kelak ditangani secara tepat. Oya, waktu itu juga saya kepengen gigi geraham saya dicabut karna udah gak ada giginya, wes blas abis, tinggal akarnya doang...
Berhubung sedang menstruasi, jadi gak bisa hari itu juga. Kata beliau, Idealnya adalah 7 hari setelah hari terakhir menstruasi berhenti. Jadilah saya dibuatkan surat penghantar ke bagian Radiologi dan jadwal berobat berikutnya (2 minggu lagi).

Lanjut ke Bagian Radiologi.
Tempatnya selantai dengan Loket Pendaftaran (lantai 1) sebelah Lift.
Disana kita nunggu dipanggil aja, karna berkas medis kita udah dibawain sama suster.
Syaratnya kita gak boleh pake anting, kalung, ato jarum dan penitik (bagi yang berjilbab) trus badan berdiri tegak dan mata merem yaa... bentar doang koq cuma itungan detik. Dan hasilnya didapat 30 menit kemudian, lalu boleh dibawa pulang. Jangan lupa hasil rongennya dibawa untuk kunjungan berikutnya ya !


Kalo boleh kasih saran ;
1. Mending kita ambil no antriannya pagi sekalian, skitar jam 6 di pak Satpam. jam 6 udah OPEN di pak Satpam pintu gedung (seperti pada foto diatas). Abis dapet no antrian, mending kita pulang lagi (buat yg deket rumahnya ya), karna loket pendaftaran dibuka jam 8. Biasanya klo ambil nomer jam 6, kita dipanggil ke loket sekitar jam 8.10 - 8.40an...
2. Selagi loket pendaftaran dibuka, baiknya kita makan makanan berat, enaknya sih bawa bekel dari rumah, tinggal cari tempat duduk yang nyaman buat makan. Karna pilamaeun dan abis tindakan biasanya gak boleh makan sekitar 1 jam-an. Buat saya yang waktu itu sedang menyusui sih ini berhasil menunda kelaparan.πŸ˜…
3. Nah setelah makan berat, kita bisa gosok gigi di WCnya, mayan bersih,.. cm tissue sering gak kebagian.πŸ˜ƒ Jadi gak kotor-kotor amat begitu diperiksa dokter giginya😜



Kunjungan berikutnya, di postingan selanjutnya yah....

Semoga bermanfaat πŸ˜€


*All photos taken by myself