Pengalaman Operasi Mata di Cicendo #3

Assalamualaikum, selamat pagi !

lanjutin ceritanya lagi yaa...

Cek mata terakhir sama Dokter SH yang dari awal nanganin saya, karena beliau sendiri yang akan operasi mata saya. Bad newsnya adalah katarak saya semakin parah tapi infeksi udah gak ada dan bola mata sudah tenang, jadi bisa operasi segera.

Nah, prosedur operasi mata ini yang ternyata gak sesimple yang saya pikirin. Kita akan dihadapi dengan rangkaian test lab, heuheu... berdamai sejenak dengan jarum suntik yah... dari mulai cek darah & gula darah, tes urin, foto thorax, rekam jantung,  biometrik, cek penyakit dalam, sampei yang terakhir adalah anestesi. Semuanya gak seharian. Karena keburu tutup lab nya, jadi makan waktu  2 hari.
Tiap test ada beberapa yang hasilnya bisa langsung diambil. Jadi ngakalinnya dihari pertama kita cek yang hasilnya kudu diambil esok hari, kyk foto thorax di Radiologi, sama cek urin & darah.
Jadi pas hari ke-2 semua data penunjang operasi kita udah lengkap. Lanjut ke bagian yang nanganin kita, kasus saya ke Dokter residen bagian Infeksi. Dari situ kita mulai deh dijelasin prosedur pra operasinya... kyk misalnya :
1. Harus nginep sehari sebelum tanggal operasi.
2. Puasa 8 jam sebelum operasi.
3. Bawa dokumen seperti : Surat Rujukan dari RS sebelumnya, Kartu BPJS, KTP.
4. Bawa Hasil Foto Thorax sebelum operasi. [Hasil lab 7 test yang lain langsung ditaruh di map rekam medis kita kecuali hasil foto thorax kita, dunowhy..]
5. Mengisi data di buku [Nama, No hp, Tanggal Operasi, TTD]
Setelah proses diatas, kita akan diantarkan ke bagian Admission Center di sebelah kanan Pintu Masuk Poli Reguler [Ruangannya kaca semua], disana kita akan diserahkan untuk ngurusin kamar [kosong enggaknya] untuk kita nginep sehari pra operasi [tentunya sesuai kelas BPJS].

Salah satu contoh hasil test darah

Disinilah tempat kita disuntik dan difoto. Bagian Radiologinya dibelakang ya..

Tempat nunggu hasil Lab. ini kalau diperhatikan masih gedung lama Cicendo

Ini dia ruangan Admission Center. Di lantai dasar sebelah kanan Pintu Masuk Poli Reguler ya... Karena ruangannya kaca semua jadi silauuuu.....

Kalau ini bagian kita dicek Penyakit dalam. Sebelumnya kita ditensi dulu di meja Item kecil situ sama Perawatnya.

Ruang pemeriksaan Lab. Saya lupa dicek apanyah... saking banyak cek ini itu jadi aselik lupa.. maap. Heu..

Disini cek rekam jantung sama biometrik (kalo gak salah)

Sekali lagi, siapkan waktu 2 hari full kosong untuk  melengkapi prosedur operasi mata ini ya... karena setiap cek ini itu pasti antri dan makan waktu. Kalau mo sholat, disediakan Mesjid di sebelah gedung Cicendo. Cukup besar koq jadi keliatan langsung dari Lapangan parkir Motor&Mobil.

Setelah semuanya beres di bagian Admission Center, kita datang untuk tindakan Operasi.  Seperti biasa kita dateng ke RS Cicendo, print no antrian untuk ke loket pendaftaran [3 hari sebelumnya saya sudah SMS, jadi begitu dateng langsung dicetak sama bu Satpamnya], setelah dari loket pendaftaran kita dapet kaertas kuning, lanjut ke bagian Admission Center. Dari situ kita nunggu antrian untuk dipanggil melengkapi dan memastikan data dengan benar, gak lama kita diantar oleh pegawainya ke Ruangan tempat kita akan menginap.



Setelah sampe ke ruangan, mulei deh baper hehehhehe... karna sepiiiii, dingiiin, gak boleh keluar ruangan, makan juga gak napsu, pinginnya lekas operasi ajah gituh, kangen anak-anak dirumah #ehjadicurhat Ya aktifitas sehari sebelum operasi mah ; kita isi formulir gitu, ada kolom golongan darah, ditensi lagi, diukur beratbadan, tinggi badan, dll, dikontrol sama dokter residen, ditandai mata sebelah mana yang akan dioperasi, dijelaskan tentang puasa 8 jam. Cerita sedikit tentang puasa 8 jam itu yah, jadiii.. kita tidur malam seperti biasa, jangan lupa obat tetesnya ya.. nanti jam 2 pagi kita sahur sendiri, begitu jam 3 pagi saya harus sudah puasa, karena jadwal operasi untuk saya kemarin adalah jam 11 siang. 

Sampailah dihari yang menegangkan dinantikan ....

27 September 2016

Akhirnya setelah 7 bulan berobat jalan, saya maju untuk operasi mata. Sebagian dari saya lega, sebagian lagi cemas. Gak kebayang operasi mata macam mana, tapi buka youtube mo liat operasi mata juga skeri sendiri jadi gak pernah buka heuheu... kebayangnya operasi otak yang pernah saya tonton di Grey's Anatomy kita secara sadar dan tetap berkomunikasi... biusnya kek manaaahhh... bisa ngedip gaaaak... oke mulai lebay..

Dibawa pake kursi roda sama suter lewatin ini, kita akan naik lift menuju lantai 6 

Ceritanya bersambung yah, bayik udah banguuun.....

Comments