Nama

Nama saya Tessi Oktavia. Lengkapnya Tessi Oktavia Nayoan.

Konon, kata Tessi itu adalah gabungan dari nama Mama dan Papa saya *CaseClosed,yaa..*
Oktavia diberikan Mama, karena jaman ketika saya dilahirkan itu lagi ngehits pake nama bulan kelahiran sang bayi. Sedangkan Nayoan adalah nama marga Papa. 
Masih konon juga, ketika saya lahir kakek saya juga sumbang nama, yaitu Utari. Artinya mentari, atau matahari. Namun nama ini gagal maning karena Papa saya gak mau soalnya gak ada unsur nama beliau (Hmm, coba kalau Utari di acc, sepaket deh sama arti nama suami saya yang artinya sama-sama Matahari)

Seiring dengan waktu, banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah, Tessy SRIMULAT. Walaupun beda huruf, tapi tetep aja dibacanya Tessi, toh ? bukan Tesay, ato Tisu.
Walhasil sejak jaman SD-SMP sering (banget) dibully Tessi Srimulat, ato "sodaraan-sama-Sandy-Nayoan-yah ?" (90an bgt kan bo). Tapi seringnya mah yang pertama. You know why lah yah...
Fenomena mereda sejak saya kuliah, karena apa? karena dapet panggilan baru, yaitu Kabul.
Yep! Kabul a.k.a nama aslinya pelawak Tessy SRIMULAT itu sodara-sodara. Gak jauh-jauh dari muara SRIMULAT.

Kalau nama panggilan jadoel saya adalah Ucrit. Pemberian dari sang kakek. A.k.a ucrit adalah nama salah satu tokoh kartun di majalah Bobo yang jarang mandi. Konon, nama itu disematkan pada saya karena (memang) saya jarang mandi. Dari lahir saya diasuh oleh kakek saya (karena kedua orangtua saya bekerja) sampai beliau meninggal tahun 1996.
Untuk mengenang beliau, dan saya merindukan panggilan ini, maka saya sematkan nama Ucrit pada (satu-satunya) blog saya ini.

Kalo sekarang yang sering salah menyebutkan nama saya adalah  mbak-mbak operator travel & tour. Walaupun sudah saya Spell : Tango Eho Sierra Sierra India.
eeh...teuteup salah dong dong dooong... tapi begitu saya bilang "Tessi Srimulat" langsung pinternya nongol smuah deeh -___-' 

Tapi karena udah nasib punya nama kyk pelawak terkenal itu, sekarang saya udah kebal kelewat akut mo dihina dina / dicaci maki kek apapun udah cuek hahaha !

Besides, saya sangat bersyukur sudah diberikan nama Tessi. Terlepas dari apapun itu, bagi saya Nama adalah do'a + wujud peduli orangtua untuk anaknya. Seberapapun tingkat kepeduliannya.
Jadi saya kurang setuju tuh dengan pepatah : Apalah Arti Sebuah Nama. Karena pada dasarnya setiap Nama itu adalah (akan jadi) sebuah identitas.

Comments