Persalinan Anak Pertama #1


Sejak hamil, saya dan suami sudah berkomitmen untuk melahirkan di Bandung. Untuk itu, sementara saya tinggal di rumah mertua, di antapani. Alasannya karna mobilitas lebih mudah dan lebih dekat dengan tempat dimana saya akan melahirkan [RSB Emma Poeradiredja].

Jum’at, 16 Agustus 2013

Paginya saya dan mama menuju antapani. Sebelumnya mama belikan air kelapa ijo buat saya. Hari ini adalah jadwal rutin cek kehamilan saya dengan dokter Riny. Bertepatan dengan usia kehamilan 36 minggu 6 hari. Hasilnya bayi saya masih posisi Oblique [melintang] dan disarankan untuk melahirkan dengan jalan operasi. Karna untuk melahirkan secara normal kemungkinannya 0%. Kaki langsung lemes, gontai… gak pernah kepikiran untuk melahirkan lewat jalan operasi. Ya, dari dulu saya selalu ingin melahirkan secara normal. Disamping itu, seumur-umur saya belom pernah dioperasi apapun, gak pernah diinfus. Jadi mulai deh panik gak jelas. Apalagi setelah bu dokter bilang “Ieu mah sanes pitunggueun deui, tos waktosna,sadayana sae… sok mangga ditentukeun dinten na.” [Ini udah gak bisa ditunggu lagi, udah waktunya, semuanya sudah dalam keadaan baik… silahkan tentukan tanggalnya] rasanya kyk mimpi. saya diam, mencoba mencerna kata-katanya [isshh..etapi beneran saya cengo waktu itu], akhirnya suami saya bilang, “nanti kami diskusikan dulu.” Berhubung masih keluarga, jadi saya banyak diberi arahan dan masukan oleh bu dokter. Sepulang dari sana kami langsung berembuk dengan keluarga besar, hasilnya saya coba alternatif lain, yaitu diperiksa [sekaligus dipijat] di Bidan kepercayaan keluarga esok hari. Dan akan selalu ingat kata kakak perempuan ke 1 dan suami, “Ikhtiar itu wajib, hasilnya bukan urusan kita, biar jadi urusan Alloh, karna itu hak Alloh.” Dan voila ! saya berhasil mengubah mindset saya. Alhamdulillah jadi jauh lebih tenang.


Sabtu, 17 Agustus 2013

Paginya saya cuci-cuci cantik [ nyucinya modal mencet doang] warisan baju-baju dari kakak perempuan ke 2 suami saya. Dari mulai gurita ibu hamil, korset, sampai beberapa pakaian bayi untuk jaga-jaga kalau ntar bayi menginap di antapani. 45 menit beres lanjut jemur-jemur cantik [yuk]. Setelah itu saya nyantei kyk dipantei, chat sama beberapa kerabat sambil makan brownies bakar buatan mama dan minum segelas air bening sampai siang tiba, lalu saya dan suami siap-siap menuju bidan. Sesampainya di Bidan, langsung dicek segala rupa dan hasilnya posisi bayi bisa bergeser dan saya diminta untuk rutin kesana agar posisi bayi normal dan saya pun bisa melahirkan normal. Bidannya pun banyak memberikan arahan dan masukan, disinilah banyak hal yang bikin saya melek. Bidannya TOP MARKOTOP pokonyah ! Dan ada semacam semangat lagi dan saya berhasil optimis lagi. Alhamdulillah masih ada jalannya. Yang saya rasain, semakin hari saya semakin pasrah. Yang penting saya gak putus asa untuk berikhtiar,dan terus berhusnudzon ke Allah SWT, karena apapun kelak itu yang terbaik buat saya dan suami. Jadi sepulang dari Bidan saya brasa terlahir kembali [halah!] cenghar, segeran, dan lebih bersyukur, feel blessed pokonyah ! hehehe… sepulang dari bidan saya dan suami berkunjung ke rumah kakak perempuan ke 1 suami saya yang rumahnya gak jauh dari sana. Disana kami main dengan ponakan-ponakan yang lucu-lucu, tuker pikiran, sampai nyemal nyemil cantik. Menjelang sore kami semua menuju antapani. Sudah menjadi kebiasaan, ponakan-ponakan saya setiap weekend selalu ada saja yang menginap disana. Tiba di antapani sebelum magrib, saya pun menjalani ritual mandi sore plus keramas. Selesai mandi, adzan magrib pun berkumandang [bahasanya bo] lantas saya berwudhu lanjut sholat magrib. Selesai sholat magrib saya nyantei lagi kyk dipantei..heheh..gogoleran sambil main game… gak sampe 5 menit brasa ada yg keluar dari bawah sana, pikir saya paling cuma keputihan.. gak lama keluar lagi, saya pun duduk dan mbatin “Koq keputihannya banyak ya.” Lalu saya berdiri dan terjadilah tumpahan air ketuban yang gak bisa ditahan-tahan… spontan manggil suami. Intinya kalau pecah ketuban, usahakan jangan berdiri, tapi duduk, lebih baik tiduran, dan tetap tenang. Digotonglah semampu suami sembari ngesot hahahha…karena posisi kamar saya di lantai 2 jadilah ada beberapa detik saya berdiri untuk jalan menuju mobil. Kejadiannya cepat sekali, karna seisi rumah heboh, heheh.. belom lagi saya yang gak nyangka bisa pecah ketuban secepat ini. Padahal hari Perkiraan lahir (HPL) 10 September 2013. Saat itu seru, heheh.. disupirin sama kakak perempuan ke 1, didampingi sama kakak perempuan ke 2. Perjalanan dari antapani ke RSB Emma pun lancar jaya, hanya saja karna sang supir gugup jadilah nyasar nyasar cantik [apeu], karna beliau gak biasa nyupir malam hari. Dan saya terus terusan mengeluarkan air ketuban, gak berenti, dan banyaaaak pake banget, sampai seluruh baju basah. Karena posisi saya tiduran, bantal saya pun basah kuyup. Oh ya, posisi teraman kalau pecah ketuban adalah posisi perut harus lebih tinggi dari posisi kepala, ilmu ini didapat learning-by-doing dari kakak perempuan ke 1 yang memang berprofesi sebagai dokter. Langsung dipraktekin saat itu juga hahahah !

 

Comments