Persalinan Anak Pertama #2


Lanjuuut ..........

Sesampainya di RSB Emma, saya disambut suami yang sudah lebih dulu tiba, untuk keluar dari mobil saya digotong oleh suami dan 2 orang bapak-bapak gendut menuju ruang observasi. Disitulah awal ketidaknyamanan dimulai. Heuheu… dari mulai lepas seluruh pakaian dihadapan lima orang asing yang gak dikenal [risih+malu pangkat semilyar], diinterogasi bak narapidana [haha! yeah susternya jararutek bo], dicukur oleh orang yang gak dikenal asli risih + malu [lagi], pasang kateter, sampai diPeriksaDalem yang lumayan sakit dan hasilnya dipanggul saya masih kosong artinya bayi tidak ada di jalan lahir, dia masih dalam posisi oblique, dan karna air ketuban terus mengalir + gak ada mules sama skali, jadi diputuskanlah operasi sc [mules gak ada khawatir air ketuban habis dan bayi meninggal di dalam]. Dari kesemuanya itu yang paling bikin saya trauma sampai saat ini adalah pasang kateter. Hadeuuuh… ya linu, ya kagok, ya sakit, gak nyaman banget ! huhuhu…

Setelah semua siap, saya dibawa ke ruang tunggu operasi. Disitulah semua emosi saling temu kangen [haish..] dari deg-degan, sedih gak bisa lahiran normal, sampai ujungnya pasraaahhh.. bener-bener pasrah kali ini, siap dengan hasil apapun. Dalam kasus saya, entah saya yang meninggal, atau sang bayi, ataukeduanya meninggal atau keduanya selamat. Lalu, suster menyuntikan obat test antibiotik. Syakitnya naudzubilah, peureus pisaaan… kata susternya hanya disuntikkan di permukaan kulit saja untuk menunjukkan reaksi tubuh terhadap antibiotik tersebut. Ya tapi sakitnya itu luhar binasa sodara-sodaraaa… jarumnya tipiiis banget. Gak lama setelah itu, kakak perempuan ke 2 dan ke 1 bergantian masuk, memberikan do’a dan semangat buat saya yang mungkin masih kliatan galau hahaha… dan yang terakhir masuk ialah suami saya,.. atmosfer ruangan berubah jadi makin gak karuan dimata saya, inginnya nangis heheh..  awalnya liat liatan sambil cirambai heuheu… apalagi setelah kami saling meminta maaf… kyk gak bakalan ketemu lagi, brasa mo pergi jauh, kebayang kan emosi jiwanya kyk apa… paralel dengan itu suami saya ngabarin mama yang masih di Cimahi. Skitar 15 menitan saya di ruang tunggu, katanya nunggu dokter anestesinya yang belom dateng juga. Sembari ngumpulin mental dan deg-degan menuju ruang operasi yang biasanya cuman saya liat di film-film [norak] saya berdzikir dalam hati.

Setelah menunggu dengan modal berdo’a dan pasrah akhirnya pintu ruang operasi dibuka, didoronglah saya oleh 3 orang suster.. lumayan jauh kalau saya bilang... kirain deket aja jaraknya. Karena terlentang terus saya cuman [berani] liat keatas.

Dan akhirnya sampailah saya pada 2 lingkaran lampu besar…

Ya saya siap dibedah. Ruangannya dingin, saya sampai menggigil, dan ada yang menyadari itu, tapi saya lupa entah suster atau dokter anestesi yang membesarkan suhu ruangan. Dengan terus istigfar saya disambut dengan perkenalan dari dokter anestesi [yang sekarang lupa namanya, seinget saya cuman gantengnya doang wkwkwk, teuteup ya bo] layaknya perkenalan dia menyebutkan nama, jenis bius yang akan saya pilih [awamnya: bius total atau lokal] sampai lagu apa yang ingin saya dengar dari jazz sampai dangdutan ada katanya [gw lagi meregang nyawa masih mikirin soundtrack menjelang ajal? Yakale] dan saya jawab “bebas” [udah masa bodo lagu apa yang mengiringi operasi saya] lalu, beliau [masih dokter anestesi yang ganteng itu] bertanya lagi "Apa ibu ada alergi obat?" saya jawab "ada, vikcs formula 44." dibalas lagi,"oke, kalau obat antibiotik?", "Gak ada" jawab sayalagi. Lalu, "Ibu terakhir makan dan minum jam berapa?" saya bilang " Skitar jam setengah sebelas siang saya makan brownies dan segelas air bening, sama skitar jam empat sore saya makan es krim" konon, harusnya puasa dulu yak, tapi berhubung saya tidak merencanakan untuk operasi sc dan saya juga gak nyangka bakal lahiran hari ini, secepat ini pulak,  jadi boro-boro puasa. Tapi herannya saya seharian itu gak laper lho, bawaannya eneg aja gitu, gak napsu makan, buktinya saya cuman makan 3 komponen cantik sahaja khaaan [apeu] lalu sang dokter ganteng itu angguk-angguk entah apa maksudnya, dan menjelaskan :”kalau bius lokal, ibu bisa lihat bayi sebentar lagi, kalau bius total baru bisa besok [liat bayinya]”, saya langsung pilih bius lokal. Batin saya “Kalau Alloh ijinkan, kita segera ketemu ya nak!” Lalu saya dengar sang dokter ganteng itu bergumam “tujuh belas agustus dua ribu tiga belas” gak lama dokter riny pun datang sambil senyum lebar, “Siap tes ?” saya cuman bisa mengangguk sambil senyum pasrah hahaha ! dan saya sempat lirik jam, waktu itu menunjukan jam 19:20. Setelah semua alat nempel, [denger dgn jelas detak jantung sendiri itu rasanya koq ngeri yah #norak] lalu saya diminta duduk untuk disuntik biusnya, Alhamdulillah gak sakit sama skali, gak berasa malah... stelah itu rebahan lagi dan dokter [laki-laki] yang berada di atas kepala saya bilang "banyak do’anya ya bu, banyak istigfar” saya mengangguk. Setelah itu segala macam pikiran berkecamuk [eaa..] dari mulai inget mama, papa, suami, kerjaan, heuheu… sampai akhirnya berangsur angsur kesadaran saya ilang dan akhirnya gak inget apapun lagi hehehe... 


Comments