Pengalaman Cabut Gigi di RSKGM #2

Lanjut ya,

Kunjungan berikutnya misi saya mau cabut geraham yang tinggal akarnya doang, karena keropos. Dokter gigi Y sudah setuju. Jadi kesana bawa hasil rongen 2 minggu lalu, kartu BPJS, kartu RSKGM, dan surat kontrol.



Dateng jam 6 pagi, ambil no antrian di Satpam, balik badan ke... Saparua. Lari dulu, trus udahannya ke Riju, makan-minum-bacabuku disana. Jam 8.15 saya menuju RSKGM lagi. Begitu sampai, Voila, saya dipanggil 1 menit kemudian. Beres loket, menuju klinik Eksodonti di lantai 2.

Prosedur cabut gigi ini gak disangka kompleks juga ya.. Ditanya macem-macem sama suster. Saking banyaknya, saya sampe lupa apa aja detailnya. Yang saya inget ; kita dicek tekanan darah, ditanya lagi menstruasi apa enggak, punya riwayat darah tinggi gak, udah makan apa belom, giginya lagi sakit apa engga...

Dokternya beda dari yang awal. Yang sekarang rada saklek dan kurang informatif sih menurut saya, jadi baru dijelasin klo kita nanya, klo enggak nanya ya diem dieman. Apalagi liat hasil rongenan gigi saya, langsung mukanya berubah jadi kerung๐Ÿ˜‚ kaget kali ya.. udah banyak gigi yang ilang๐Ÿ‘ป

Setelah "nego" yang berjalan begitu alot perihal gigi mana dulu yang mesti dicabut, akhirnya diputuskan untuk 1 gigi dulu, karna gigi geraham paling belakang gak bisa ditindak disini. Harus operasi kecil. Beda lagi antrian dokternya, yuuuk....

Sebelum dicabut, disuntik dulu supaya kebas. Beberapa kali suntikan. Sakit diawalnya doang kyk digigit semut,... semut merah Papua ๐Ÿ˜ Sakitnya diterima aja jangan ditahan biar gak lama nyerinya.
Gak sampe 3 menit udah beres koq... trus dikasih kainkapas untuk nyumbat darah. Kainkapasnya gak boleh dicabut selama 1jam.

Beres dicabut kita akan dikasih resep obat. Antibiotik sama 1 lagi, asam mefenamat/Mefenamic Acid (anti nyeri)... trus Hasil rongen kita akan diupdate oleh dokter (dikasih tanda silang, artinya sudah dicabut dan tanggal tindakan).
Baru sekali minum Asam Mefenamat saya langsung alergi, muncul bintik merah di tangan. 

Beres dari sana, kita bawa resep obat, hasil rongen, dan surat kontrol berikutnya. Kalo saya mau cabut geraham paling belakang karena sudah keropos dan akarnya saja. Jadi dikasih tambahan tips dari susternya. Yaitu, dateng jam 6 teng, untuk ambill nomer, kenapa ? karna operasi gigi itu ada quotanya. 1 hari hanya untuk 20-25 orang saja.

Oya, nebus obatnya deket pintu masuk lantai 1, penampakannya kecil kyk bukan apotek๐Ÿ˜… awas kelewat ya.. Hari itu saya inget, beres ambil obat di apoteknya jam 11.30 teng.

Rangkaian kegiatan dari mulai dateng-antri-duduk-ngelamun-bacabuku-cekHandphone-sampai pulang itu bisa kita bawa enjoy koq... Terimain sejak awal, bahwa petualangan BPJS memang begitu adanya... memang ada benarnya stereotip "antri 5 jam, depan dokter 5 menit" tapi rasanya udah gak ngaruh ya mo ngeluh juga.๐Ÿ˜‹

FYI,





Next, di postingan selanjutnya ya....

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š



*All photos taken by myself