Review Buku "Prophetic Parenting" Cara Nabi SAW Mendidik Anak

Bismillahirrohmaanniroohiim..

Assalaamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh....


Mo berbagi bacaan yang dirasa super penting, 
Judulnya asa dramatis ya, sok-sokan review buku padahal cuma baca doang... belom tamat mat mat pulak... karna bukunya tebal ilmu, tebal fisik juga heheheh... Karya Best Seller Timur Tengah ini ditulis oleh seorang insinyur muda bernama DR. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. Judul Aslinya : Manhaj At-Tarbiyyah an-Nabawiyyah Lith Thifl (Penerbit Dar Ibnu Katsir, Cetakan IV 2009 M/ 1430 H.) Penerjemahnya Farid Abdul Aziz Qurusy. Beredar disininya taun 2010 M.





Mo cerita dulu, saya klo baca buku biasanya gak sistematis, gak ngerunut dari awal ke akhir,... jadi bacanya sesuai kebutuhan saat itu aja... makannya saya bukan pecinta komik hehehe... 

Pertama kali baca buku ini pas lagi nunggu di bekam, ada lemari buku kecil di salah satu pusat bekam daerah rumah saya. Dengan penampakan yang tebal awalnya saya enggan ambil, karna toh nunggu paling cuma 10 menitan... tapi pas baca judulnya hati saya tergerak. #tsaah...



Dan pas liat daftar isinya, bener aja hati saya jejingkrakan "Masya Alloh jawaban dari pertanyaan saya semua ada disini !" langsung berpikir keras mana duluan yang mau dibaca. Karna ini bukan perpus yang bisa dipinjem bukunya euy, gak sampe 5 menit nama saya dipanggil untuk bekam. Otak masih nyantol ke buku, tapi raga harus maju masuk ke kamar bekam. Beres bekam, saya foto cover bukunya, dan mulai cari dimana-mana. Update dari seorang teman, buku ini sekarang harganya sekitar 85-100 ribu rupiah ya.. totally worthed !

Menurut saya yang awam, buku ini super komplit dan tebal(600an halaman). Sampe ngebatin, uyuhan yg nulisnya brapa lama ini ngumpulin data sampai sebegini detailnya.... Dari mulai Pedoman Literasi, Doa-doa, Pembuka, Senarai Mutiara Sarat Makna, Halaman Persembahan, Pengantarnya dari beberapa tokoh penting trus berlembar-lembar ajaaa(dari mulai makna mashalih mursalah, istishlah, qiyas, saddu dzari'ah, 'urf itu apa dijelain detail pemirsah), terus ada juga Metode Penulisan Bukunya dooong,... sampai ada Makna di Balik Judul itu dikupas detail pemirsah... pokonya sebelum ke inti buku, udah banyaaaaaaaaaaaak ilmu yg bisa kita dapet. Diantaranya ;

1. Berdasarkan kajian penulis terhadap Sirah Nabawiyah dan as-Sunnah, beliau mengungkapkan bahwa pendidikan anak bermula dari ketika kedua orangtua menikah. Dari mulai kesalehan, kebajikan, punya andil besar dan kuat untuk membentuk sisi psikis dan kecenderungan bagi sang anak. Menurut saya ini karya tulis bernilai tinggi, karena mengkaji secara khusus tentang pendidikan Nabi SAW terhadap anak secara detail. 

2. Penulis menutup seluruh pembahasan menjadi 40 hadist pertama untuk orangtua, 40 hadist kedua untuk anak. Keseluruhannya memiliki referensi dan rujukan setiap kesimpulan yang dipetiknya untuk memberikan penekanan terhadap apa yang dibicarakan (As-Sunnah, tafsir, fikih, tarikh, dakwah, sampai problematika zaman sekarang yang sedang dan akan dihadapi.)

3. Walau muatan buku ini berat dan lengkap, tapi bahasa yang digunakan mudah di mengerti awam, di perkokoh dengan ayat-ayat Al-Qur'an dan as-Sunnah, dilengkapi kisah-kisah dan hikmah-hikmah para ulama.

Dan masih banyaaaaaaaaaaaaak lagiiiiii.......

Semoga Alloh SWT memberikan pahala besar buat penulisnya dan jadi amal jariyah ya paaaak & Bapak penerjemahnya insya Allah....aamiin.

Berikut ini secuil yang  bisa saya fotoin ya ;



Jujur, saya baru tau lho ada keterangan tentang potong rambut (gileee kmana aja guweeeh) saking dong dongnya saya sharing kesemua lini hahahahhaha karna ini hal yang rutin dikeseharian kita. 


Kalau ini udah pada kenal lah ya, tapi saya suka bahasa yg dipilihnya, 










Semoga kita bisa mengambil manfaatnya dari karya tulis ini dan bisa melengkapi referensi kita terhadap pendidikan anak muslim. Semoga bermanfaat !




Comments

Post a Comment