Sedikit

Bismillahirrohmaanniroohiim..

Assalaamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh....


Minggu lalu denger Ustadz Athian Ali di yutub tentang beberapa tausiyah beliau...  saya coba share sebagian kecil disini ya... smoga jadi trigger kita untuk cari tau tentang hal ini lebih dalam lagi... (sejujurnya saya ingin selalu share apa yang saya dengar disini, tapi banyak hal diluar rencana, jadi mohon maaf atas keterbatasan saya ya) Semoga bermanfaat...


Here we go,

Diriwayatkan pernah ada seorang sahabat Rasulullah SAW yang selama 7 putaran tawaf beliau hanya mengulang-ulang 1 do'a, do'anya adalah “ ya Alloh, masukkan hamba ke dalam kelompok yang sedikit”...
rupanya ada sahabat lain yang memperhatikan beliau, trus nanya "Koq anda ini aneh, orang lain doanya panjang-panjang, kenapa anda cuma minta do'a yang 1 itu kenapa ?" Lalu dijawab olehnya, "Saya pernah mendengar langsung dari mulut Rasulluloh yg mulia, ketika beliau menyampaikan firman Alloh SWT “Betapa sangat sedikit sekali manusia hamba-hambaku yang mau bersyukur kepada Alloh”. 

Bersyukur artinya seorang menjalani hidup sesuai dengan kehendak yang menciptakan kehidupan itu sendiri, yaitu Alloh SWT. Maka, manusia yang benar-benar mau menjalani hidup sesuai dgn aturan Alloh itu hanya sedikit. Krn itu hanya sedikit sekali manusia yang akan masuk syurga, kebanyakan manusia dan jin adalah penghuni neraka jahanam. 
Kenapa ? kendati manusia diberikan hak sepenuhnya untuk memilih antara beriman atau kafir, memilih untuk taat beribadah atau berbuat maksiat, sepenuhnya diberikan hak kebebasan itu oleh Alloh SWT, namun kebanyakan manusia memilih kafir.


Sejak awal penciptaan tidak pernah berhenti Alloh SWT mengutus Rosul,... paling tidak ada 25 rasul yang dikisahkan dalam Al-quran, tapi tetap saja mannusia kebanyakan memilih kafir.
Coba lihat kisah nabi Nuh a.s. 950 tahun nabi Nuh berdakwah, tapi berapa orang yang beriman ? hanya 40 orang saja. Sisanya dihabiskan oleh Alloh dalam banjir.
Dari 40 orang beriman ini banyak melahirkan keturunan. Sebut saja, kaum ad, kaum tsamud, kaum luth, dan firaun hampir 1 juta yg ditenggelamkan oleh Alloh SWT di laut merah. Tapi, tetap saja, manusia yang lahir kemudian, kebanyakan memilih kafir.


Yang mukmin lebih sedikit dibanding yang kafir, hanya sedikit yg mau beriman. Lha yang mukmin yang cuman sedikit itu, hanya sedikit sekali yang mau mengislamkan dirinya secara kaffah... “Wahai orang-orang yang beriman masuklah ke dalam Islam secara kaffah” secara totalitas. Bukan Islam hanya ketika sedang sholat, shaum, haji, tapi seluruh aspek kehidupan harus sesuai dengan aturan Alloh SWT.


Itulah sebabnya Alloh SWT menurukan manhaj 6666 ayat + 5000an hadist, untuk apa ? karena Alloh SWT ingin hidup perdetik kita sesuai aturan Alloh SWT, mulai dari masuk keluar wc sampai kehidupan bermasyarakat, bernegara.



Dan orang-orang yang mau mengislamkan dirinya secara kaffah itu hanya sedikit, dan mereka yang hanya sedikit itu , hanya sedikit sekali yang ibadahnya bakal diterima Alloh SWT.... Pernah dengar ? “Alangkah banyaknya orang yang sholat, tapi mereka tidak dapat apa-apa dari sholatnya kecuali hanya sekedar capek,” “Alangkah banyaknya orang yang shaum, tapi mereka gak dapet apa-apa dari shaumnya, kecuali hanya sekedar menahan haus dan lapar.” 


Dikalangan para ulama yang terbiasa membaca kitab kuning, disana ada bab haji, disitu selalu terdapat riwayat seorang waliulloh, namanya Syeikh Abdurahman,... suatu ketika  di musim haji beliau tidak sedang berhaji namun ada di Mekah, beliau sempat tertidur, lalu bangun dengan badannya penuh keringat, pdhl udara tidak sedang  panas,... ketika ditanya “Anda sakit, Syeikh?”,.. beliau jawab " Alhamdulillah saya sehat." trus ditanya lagi "Lalu apa yg terjadi ?" beliau jelaskan,“Selesai solat malam tadi, saya sempat tertidur sebentar, dalam tidur saya yang sebentar itu, saya sempat bermimpi,... saya takut sekali  kalau mimpi saya ini petunjuk dari Alloh SWT” 

Hanya mimpi para nabi yang mutlak itu wahyu, klo kita manusia biasa mimpi itu bisa jadi permainan setan, bunga tidur, dan bisa jadi petunjuk. Kalo mimpi waliulloh sangat kemungkinann besar itu adalah petunjuk. 

Langsung orang-orang disekitar Syeikh itu pun bersemangat bertanya “Mimpi apa Syeikh ?”  Syeikh Abdurahman menjawab “Saya bermimpi, semua orang yang haji tahun ini tidak ada satupun yang hajinya di terima Alloh SWT” 

Kalau memang benar mimpi Syeikh Abdurahman itu petunjuk dari Alloh SWT, semakin terbuktilah apa yg dinyatakan Rosululloh dalam banyak hadist “Dari sekian banyak orang beribadah, hanya sedikit sekali yang ibadahnya akan di terima Alloh SWT.”


Pantas kalo sahabat Rosul itu berdoa “Ya Alloh, masukkan hamba ke dalam kelompok yang sedikit”

Comments