Ayat Kesukaan

Tentu saja gak langsung suka atau favorit seketika. Ada cerita panjang disitu. 


Disclaimer : Isinya cuma 'spiritual journey' dari peristiwa yang pernah saya alami sendiri, jadi ada curhatan terselubung di setiap katanya... heuheu.. mungkin buat sebagian orang, bisa jadi ini mah lebay, atau biasa-aja-kali. Tapi sungguh ini bukan sinetron. Buat yang baca semoga bisa ambil ibrohnya ya... 


Ok, dimulai dari,


Gradasi perjalanan hidup tiap orang itu beda-beda kan yak... 
Ada yang dari lahir udah lurus kek lewat jalan tol [problem paling susah mungkin cuma PR matematik]
Ada yang mulus diawal lalu begajulan ditengah... 
Ada yang dari awal udah jumpalitan berjuang sama kerasnya hidup dan sekarang lagi menikmati manisnya kehidupan tsaah... 
Macem-macem pokonyaaaa, yakaan...


Nah, kalo saya suka banget sama ayat ini sejak kepergok uler+harimau+buaya di tengah jalan yang begajulan. Mantap pokonyah... kalo diceritain disini bisi ceurik deui euy...(berusaha gak mau nyalahin apapun dan siapapun) jadi gitu ajalah yah... 


Pokonya idup jadi kebalik, waktu itu saya jauh dari Islam. Dan waktu itu setiap kegalauan datang, saya gak langsung serta merta buka tafsir atau baca al-qur'an koq, ato ambil wudlu biar agak tenang,...

gak,
gak,...

saya gak sesholehah/selurus/sealim itu...




Periode itu saya masih single, baru lulus mesin. Masih ekstrovert, sangunis, sangat cuek, nekad, kurang peka, sabodo amat.  
Belum kenal sama yang namanya frustasi, karna sedari kecil hidup saya serba enak. Mo apapun akan dikasih tanpa usaha. Tapi psikis saya sedari kecil udah tercabik-cabik secara perlahan. 
Begitu masalah ini nyolek, saya kolaps. 
Efeknya ? Saya jadi lebih banyak diem, berusaha untuk gak peduli, tapi ganggu pikiran, karna lingkungan saya ideal semua... lalu lama-lama ngebandingin... trus mikir "why me?"  lalu mulai cari sesuatu yang bikin saya [agak] tenang... 
cari alasan kuat kenapa saya 'beda' sendiri sama hidup teman-teman sekitar saya... 
cari pembenaran yang masuk akal saya... 
cari sesuatu yang bisa menjawab ego saya.


Awal-awal kek mimpi disiang bolong. "Beneran ini teh ?"
Loadingnya lama bener buat nerima. 


Awal-awal ada sodara-sodara yang melukin, dengerin,
Ada sahabat-sahabat yang nguatin mental dengan berbagai afirmasi.
Ada teman yang ikutan mewek ditelpon seabis kejadian [hahahha! inget gak Nyaaaa?
pokonya larinya ke makhluk.

Dan ini udah fatal salahnya, bergantung ke makhluk itu hal yang Alloh SWT 'cemburui', karna ya bok sebanyak-banyaknya cucuran air mata, sebanyak-banyaknya ingus dan tisu yang dihasilkan, sebanyak-banyaknya orang yang empati sama kita, ujung-ujungnya mah angger weh kita sendiri yang harus 'through the rain'.  

a l o n e. 

Dan bagian ini nguras energi ampun-ampunan. Cape. Lelah. Linglung.


Di sisi lain, saya gak akan pernah lupa orang-orang yang dulu ada buat saya di saat-saat saya lagi terpuruk. 
Dari mereka saya belajar banyaaaaaaak sekali makna yang tersirat [Semoga Alloh menyelamatkan mereka semua dunia akhirat, aamiin.].





Long story short,

Suatu hari, saya liat tafsir saya sedari bocah, sudah sempurna dibalur debu, tergeletak di lemari buku paling atas. Saya gak berekspektasi apapun. Cuma lagi kesindir sama ceramahnya Aa Gym (yg lagi superkondang) waktu itu [yg beliau bilang 'al-qur'an jangan cuma jadi pajangan' itu lhooo].


Pas tafsirnya saya lap tisu, gak sengaja kebuka.... 
Langsung ayat ini yang  diliat  sama mata saya... 
[jleb, Allohu Akbar, mun palebah dieu sok hayang ceurik deui, ya apa atuda aku mah keur jauh dari Islam tapi Alloh masih peduli geuning...


Oh ya, selama psikis saya hancur [kek remehan ranginang di kaleng khong guan itu] saya juga lagi di tahap "pundung" sama Alloh SWT... tiap bangun tidur bukannya ucap syukur dgn berdoa malah mewek, menyesali kenapa idup gw jadi beginiiiii, kenapa begituuuu, sholat on off, pun sholat gak ada ruhnya, sebatas ritual. sampai di tahap rasanya pengen mati aja saat itu juga. Ini beneran lho, saking udah males lanjutin idup, saking gak tau harus ngapain lagi, saking putus asanya... 
Ngeri yah... Iya  sebegitu  rapuh dan sombongnya saya... 
Duh.. klo diinget lagi maloe pisan, ya Alloh ! Astagfirullohaladziim....*kraaay*


Sedikit-sedikit saya muhasabah diri sendiri, walo gak melulu fokus, 
tapi si introspeksi ini ampuh banget kala itu... 
skalian bebenah hati, beberes diri sendiri (yang gak beres-beres) karna koq ya gw masih bernapas aja, padahal udah males idup, tapi matipun belum siyap #lhapiyembak
Dari situ saya punya kesimpulan, bahwa Alloh lagi ngasih sesuatu nih,... tapi saya belum mampu cerna maksudNYA apa. 
Dan ini lama banget waktu proses elingnya, sampe punya kesimpulan kyk gitu tadi, karna saya juga paralel berusaha netralin hati saya dulu, biar bisa lebih nerima pait-paitnya. Mana mungkin Alloh lagi becandain saya. Lagi iseng ngasih saya cobaan sebegitu beratnya



Lama-lama saya mikir, 
"oh mungkin harus dengan cara itu Alloh negur saya yang lalai."
Harus dengan cobaan itu Alloh pengen liat sejauh mana Dia dibutuhkan oleh seorang tessi, manusia ciptaanNya dari seonggok tanah, yang diberiNya ruh. Yang asalnya gak ada, lalu ada, lalu diberi mata, telinga, hati, tapi jadi polontong gini.
Harus dengan jalan itu, supaya akhirnya saya bisa sadar seberapa jauh saya sudah meninggalkan Islam. 
Harus dengan cara kayak gitu Alloh mendekatkan saya lagi dengan Islam. 
Harus dengan cobaan itu saya akhirnya bisa balik lagi ke jalanNya.
Harus dengan cara ini nyadarin saya yg bedegong dan keras kepala.


Buat saya ini jadi pelajaran berharga banget;

Jangan bergantung ke makhluk. Dan, jadi tau kemana seharusnya kita bersandar.
Jangan jauh dari Islam lagi, jangan sampai Alloh SWT kasih 'warning' yang lebih dahsyat lagi. 
Jangan lepas dari tali agamaNya, ya karna kalau gak bergantung ke Alloh SWT, rek ka saha deui ? siapapun selain Alloh itu pasti nuntun kita ke jalan yang gak bener. Itu aja sih yang pernah saya rasain. Seneng sih seneng tapi kosong, hampa, gersaaaang.


Ditambah umur kita ada digenggamanNya. Kita gak akan pernah tau sampai batas mana kita akan terus bisa pasrah patuh tunduk taat lagi. Hidayah, hati yang khusyu' dan tenang itu mahal buat saya pribadi. Karna dapetinnya gak semudah baca tulisan ini.

Trus yang bikin takut adalah pada akhirnya Alloh gak butuh sujud saya. Gak butuh tobat saya. Gak butuh iman saya. Tapi sebaliknya, saya yang butuh Alloh. Ujung-ujungnya saya yang 'nyari' Alloh, ujung-ujungnya saya yang takut hisabNya.

Dulu, dikasih hidup enak, buat apa ? Dikasih nikmat sehat, buat apa ?
Jangan lalai dari yang enak-enak, jangan lalai dari segala kemudahan yang sudah diberi. Semua milikNya. Semua atas ijinNya. 

Dan yakini kalau di Islam itu gak ada yang namanya kebetulan, semua ini udah ada qodo dan qodarnya.. udah diatur. udah ada ketetapannya. Sunnatulloh.
Makannya di rukun iman setiap muslim wajib mengimaninya, karna  menurut saya ini kunci supaya kita tetep bisa "pulang" lagi ke Alloh SWT atas segala ujian cobaan yang menimpa kita saat hidup di dunia yang serba fana ini.


Qodarulloh selalu ayat ini yang muncul ke otak saya sejak saat itu :

Bismillahirrohmaanirrohiim,



وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ


الَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ اَنَّهُمْ مُّلٰقُوْا رَبِّهِمْ وَاَنَّهُمْ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ


Dan mintalah pertolongan [kepada Alloh] dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', 
[yaitu] orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Rabbnya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. 

Q.S Al Baqarah : 45-46



Comments