Ayat-ayat Alloh


Bimillahorrohmanirrohiim....


Sebagai orang awam, saya ngrasa miris sekali liat fenomena saat ini yang [masih] beranggapan bahwa ayat-ayat al-Quran yang sudah Alloh SWT turunkan, ternyata masih dianggap oleh sebagian orang sebagai 'ayat yang tidak adil'.

Mau nanya aja [sebelum kesana], sampeyan diciptain sama siapa ? logikanya, akankah Sang Pencipta sampeyan ngasi ayat-ayat berupa aturan yang salah untuk bisa hidup di dunia ? Penilaian ketidakadilan itu berdasarkan apa ? 

Jangan-jangan kitanya yang keliru menafsirkan ayat-ayat Alloh SWT. Karena pada hakikatnya Al-Quran punya 2 pendekatan [ada di Asbaabun Nuzuul(sebab-sebab turunnya suatu ayat)] yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari Alloh SWT untuk manusia, yaitu :

1. Pendekatan yang tidak didahului pertanyaan.

Lazimnya berkenaan dengan pemberitahuan syariat yang harus dipatuhi atau berupa larangan yang harus dijauhi.
Biasanya ayat-ayat ini berisi perintah/larangan yang ditujukan langsung kepada kaum Mukminin. Biasanya pake ungkapan "Yaa ayyuhal ladziina aamanuu". 
Contohnya : di Q.S Al-Baqarah : 183, 224 & 264
Ada juga seruan yang ditujukan untuk Nabi SAW tetapi maksudnya tertuju pula kepada semua umatnya. Contoh : Q.S At-Talaq : 1


2. Pendekatan sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan kepada Nabi SAW.

a. Pertanyaan kaum Muslimin/Mukminin yang diajukan kepada Nabi SAW yang biasanya berkenaan dengan hal-hal yang belum ada ketetapannya, atau sebagai penjelasan lebih lanjut terhadap suatu ketetapan yang masih memerlukan penjelasan, 
Contoh : di Q.S Al-Baqarah : 186 & 189. 
Juga terdapat pula bentuk permohonan fatwa kepada Rasululloh SAW.
Contoh : di Q.S An-Nisa :127 & 176.

Jawaban yang dikemukakan biasanya dihubungkan dengan tingkat urgensinya serta kepentingan hidup umat Islam sepanjang masa, baik berkenaan dengan ibadah mahdlah (ibadah ritual) ataupun ibadah muamalah (ibadah sosial).

b. Pertanyaan yang diajukkan oleh orang-orang yang mengingkari dakwah Rasululloh SAW. Kebanyakan ada dalam ayat-ayat Makiyyah, biasanya isinya tentang pokok-pokok agama (ushuulud diin).
Misal : 
Tentang Kiamat bisa diintip di Q.S Al-A'raf 187/ Al-Ahzab :63/ An-Naziat : 42, 
Tentang Ruh Q.S Al-Isra :85, 
Tentang Masa lalu Q.S Al-Kahfi :83.


Jadi bisa diliat jelas kalau Al-Quran itu diturunkan denganlatar belakang dan peristiwa yang berbeda-beda. Alloh SWT berfirman :
Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?"; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar). Q.S Al-Furqan : 32

Semoga bermanfaat.




Comments