Ayatul Ahkam Belajar #1

 

بسم الله الرحمن الرجيم

Garis-garis besar tentang Tafsir ayat-ayat Ahkam

Muqaddimah : 

Alquran itu sebuah kitab Allah yang sangat Agung Allah subhanahu wa ta'ala itu hakim , hakim dan maha bijaksana segala hukumnya.
 

Dan Alquran kita Allah turunkan sebagai sumber utama untuk agama kita dan AlQuran merupakan penjelas bagi segala sesuatu.

Materi atau maudhu’ dalam Alquran yaitu berbagai macam. Maudhu’ atau isinya :  diantara bahasan yang paling penting dalam Alquran adalah tentang Ahkam yaitu tentang  hukum-hukum, tentang syariat .

Jadi, Alquran termasuk kitab yang membahas tentang hukum dan berbicara tentang berbagai macam masalah yang dibutuhkan oleh umat.Alquran telah menjelaskan hal-hal yang wajib dan telah memerinci hal-hal yang haram dasarnya surat al-an'am ayat 119,

 

Allah SWT berfirman,

وَمَا لَكُمْ أَلَّا تَأْكُلُوا۟ مِمَّا ذُكِرَ ٱسْمُ ٱللَّهِ عَلَيْهِ وَقَدْ فَصَّلَ لَكُم مَّا حَرَّمَ عَلَيْكُمْ إِلَّا مَا ٱضْطُرِرْتُمْ إِلَيْهِ ۗ

Disini Allah SWT menyebutkan :

وَقَدْ فَصَّلَ لَكُم مَّا حَرَّمَ عَلَيْكُمْ
 

Allah telah memberikan tafsir perincian apa yang Allah SWT haramkan atas kalian.

Ahkamul Quran maksudnya hukum-hukum Quran itu mencakup berbagai macam sisi kehidupan kaum muslimin , baik mencakup individu , mencakup keluarga atau masyarakat.

Hukum - hukumnya yang ada dalam Alquran :

1️⃣.  Yang pertama hukum-hukum tentang ibadah yang dari shalatnya puasanya , zakatnya , hajinya.

2️⃣. Kemudian yang kedua misalkan tentang hukum-hukum yang berhubungan dengan Muamalah seperti jual beli , masalah utang piutang , masalah Rahn ( gadai ) dan seterusnya.

3️⃣. kemudian yang ketiga hukum-hukum yang berhubungan dengan uqubat ( sanksi )  seperti qhisos,  seperti bayar diyat , seperti kafarot, seperti hukum mencuri , seperti hukum orang berbuat zina dan seterusnya.

 4️⃣. Kemudian yang ke empat  Alquran membahas tentang hukum-hukum yang berhubungan dengan keluarga, rumah tangga, masalah nikah , masalah perceraian, masalah iddah ,masalah nafkah, masalah mengurus anak, Maksudnya menyusui anak dan seterusnya.

5️⃣. Kemudian yang kelima Alquran juga menjelaskan tentang hukum-hukum yang berhubungan dengan jihad,  tentang hubungan dengan orang kafir dan seterusnya.

6️⃣. Kemudian yang ke enam juga berbicara tentang hal-hal yang diharamkan sepertinya :  minum Khamr , berjudi , zina , Liwath , dan seterusnya.

7️⃣. Kemudian yang ketujuh Alqur’an juga membicarakan tentang Adab , akhlak, Fadhail ( keutamaan ) dan larangan dari berbuat hal yang buruk dan seterusnya.


.
Hukum - hukum di dalam Alquran sangat lengkap dan tentunya nanti kita tidak hanya membahas ayat- ayat Alquran saja tapi nanti juga akan didasari  dengan hadits karena dasar dari Islam adalah Alquran dan hadits atau sunnah Rasullullah ﷺ
.

Kemudian kita harus tahu bahwa Allah mewajibkan kita kaum muslimin untuk beriltizam dengan hukum-hukum yang ada dalam Alquran dan hadits , dan tidak boleh kita menyelisihinya dengan dasar surat al-ahzab ayat 36
.


Allah SWT berfirman :

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥٓ أَمْرًا أَن يَكُونَ لَهُمُ ٱلْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ ۗ وَمَن يَعْصِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَٰلًا مُّبِينًا

Artinya : Tidak Boleh bagi orang beriman baik laki-laki atau perempuan ketika Allah dan rasulnya menetapkan sesuatu perkara , sedangkan kita punya pilihan yang lain dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul- Nya maka sungguhlah dia telah sesat , sesat yang nyata.  

 

Kemudian juga berikutnya kita harus ingat bahwa diantara syarat dari keimanan adalah menerima hukum Allah.

Dan Allah SWT sebutkan hukum-hukumnya dalam Alquran kita harus menerima dalam surat an-nisa ayat 65 :

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّىٰ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا۟ فِىٓ أَنفُسِهِمْ حَرَجًا مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Maka demi Allah , demi Rabbmu mereka tidak beriman hingga mereka menjadikan engkau Hakim terhadap apa yang mereka perselisihkan.
Bisa dilihat surat an-nisa ayat 65
.

Kemudian Allah SWT juga mengabarkan bahwa yang perlu kita tahu :  sifat dari hukum-hukum Islam,  hukum-hukum dalam Alquran atau hadits supaya tidak berat. Kita ( Ustadz ) Menjelaskan bahwa sifat dan hukum-hukum yang Allah syariatkan kepada kaum muslimin dalam Alquran itu mudah dan tidak sulit.
Dalam berfirman di surat Al Baqarah 185 :

يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ

Allah SWT menginginkan kemudahan tidak menginginkan kesusahan.


Dengan dasar tadi yang Ustadz sebutkan itu menunjukkan tentang hukum yang sangat besar yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala sebutkan dalam Alquran. Dan perlu kita diketahui bahwa ayat-ayat Ahkam yang akan kita tafsirkan itu mencakup berbagai macam materi, mencakup berbagai macam permasalahan dalam Islam .
Dan ayat – ayat ahkam ini adanya di berbagai macam surat madaniyah (surat-surat yang diturunkan setelah Nabi hijrah ke Madinah ).

Perlu kita diketahui bahwa perhatian ulama sangat besar sekali terhadap ayat-ayat Ahkam ini  dari dulu sampai sekarang, ada kitab namanya ahkamul Quran karya As’syafi’i , kemudian ada kitab namanya Ahkamul Quran karya Al-kiya Al- harasi as-syafi’i ,  kemudian kitab Al-iklil fi Istinbat at-Tanzil karya as-Suyuti, kemudian kitab ahkamul qur’an karya Al-jassas , kemudian Ahkamul qur’an karya qadi abu bakr ibn Al arabi Al-maliki , dan yang lainnya masih banyak sekali ini , dan ini menunjukkan bahwa ulama perhatian terhadap Ahkamul Qur’an dan insyaa Allah ta'ala  kita akan bahas dan pelan - pelan dari ayat-ayat yang berhubungan dengan hukum-hukum tersebut.

Mudah - mudahan ini sebagai Muqaddimah yang bagus yang kita butuh mengetahui hukum-hukum yang ada dalam Islam tentunya lewat mempelajari ayat-ayat Ahkam ini. *Artinya mempelajari ayat —ayat ahkam ini wasilah  untuk mengetahui permasalahan-permasalahan hukum-hukum yang ada dalam Islam. Jadi kita diperintahkan untuk mempelajari Alquran dan diantara isinya adalah tentang hukum-hukum Allah subhanahu wa ta'ala mudah – mudahan bermanfa’at.

Comments