BINA PEKAN 5


بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


Pekan Kelima

📑 Dars 14  ::   Mengenal Keterangan Kalimat dalam Bahasa Arab

📑 Dars 15  ::   Jar-Majrur

📑 Dars 16  ::   Mudhaf-Mudhaf ilaih

____________________________

REKAP MUHADHARAH 


❶ Penanya: Dian - BINA 17.02

Saya suka bingung kalau membuat kalimat 

Baik bentuk fi'liyah atau ismiyah, menurut paling sulit membuat kalimat fi'liyah.

Karena perbendaharaan kata saya masih terbatas mungkin ya. 

Yang sekarang kita bahas ini masih jumlah ismiyah ya?  Tentang keterangan waktu dan lain lain di dalam kalimat. 

✍️ Jawaban : Tim Muhadharah 


Dalam membuat kalimat, jumlah fi'liyah atau Ismiyah harus tahu dulu kaidah dari tiap jumlah 

🌹Jumlah Fiiliyah ada 2

- jumlah fi'iliyyah dengan fiil lazim -->kaidah FIRA FARA MANIS

-atau Fiil  muta'adi  -->FIRA FARA MANIS MANA 


🌹jumlah Ismiyah  kaidah --> MADU MANIS DARI MALANG 


🥦 PEMBAHASAN pekan ini adalah mengenai  kata keterangan dalam kalimat bagian pertama : 

1. Jar Majrur (huruf Jar + Isim majrur) 

2. Susunan Mudhaf-Mudhaf ilaih (Mudhaf + Mudhaf ilaih)  

Keterangan ini bisa ditambahkan ke dalam jumlah fi'liyyah maupun jumlah ismiyyah.

〰️〰️〰️〰️ 


❷ Penanya : Chairun Nisa - 17.03 

Pertanyaan : 

Bismillah, assalamu'alaikum ustadzah, 'afwan ana merasa kesulitan saat membuat kalimat jika perintahnya jamak mudzakar salim dan jamak taksir, kapan kata itu boleh digunakan untuk jamak taksir dan kapan boleh untuk jamak mudzakar salim, misalnya الطلاب dan الطالبون, syukron. 

✍️ Jawaban : Tim Muhadharah

Mudah saja, jamak yang tidak berbentuk seperti jamak salim, maka dia masuk jamak taksir 

Telah diketahui jamak salim ada 2

Jamak mudzakkar salim dengan akhirannya itu

ون 

Dan jamak muannats salim dengan akhirannya itu 

ات 

Maka jamak yang akhirannya tidak seperti diatas dia jamak taksir insyaaAllaah, karena sifatnya sama'iy, silahkan di cek di kamus 

Tanggapan penanya :

Kalau dikamus itu adakah tandanya mba atau cek artinya saja? 

Kamus bahasa arab jenis apa ya yang dimaksud mba? Adakah referensinya 

✍️ Jawaban : Tim Muhadharah

Tanda jamak di kamus biasa dengan tanda 

(ج) / الجمع 

kata setelah tanda ini berarti jamaknya, sehingga tinggal di lihat bentuknya apakah mirip dengan jamak salim ataukah tidak? Jika tidak maka jamak itu adalah jamak taksir 

Kamus Rujukan Program BISA

1. Al Munawwir

2. Al Mu’jam al Wasith

3. Al Qamus al Muhith

Tautan: https://bit.ly/alMaajim_alMutamadah

Sedang kamus digital bisa pakai kamus ristek muslim dan kedua kamus almaany 


〰️〰️〰️〰️ 


❸ Penanya: Indah retnowati - 17.03

Bagaimana cara mudah kita untuk memahami contoh kalimat pada kaidah yg keempat, khususnya ketika mendapati susunan kalimat yg combo, seperti yang mudhof ilaihnya ada 2, apakah cukup dengan memperhatikan harokat akhirnya saja? 

✍️ Jawaban : Tim Muhadharah

Cara mudahnya untuk kaidah ke 4 dimana mudhaf itu bukan kedudukan i'rab. Makanya ia bisa sebagai apa saja sesuai kalimatnya

Apabila mudhaf ini sebagai mubtada, maka dia rafa dengan dhammah kalau isim mufrad, 

Apabila mudhaf itu sebagai maf'ul bih, maka dia nashab dengan fathah kalau isim mufrad, 

Apabila mudhaf itu isim majrur, maka dia jar dengan tanda kasrah kalau isim mufrad, 

Contohnya, 

🍎 Mudhaf awal sebagai mubtada 

Susunan kalimat: 

Mubtada dan juga mudhaf + mudhaf ilaih dan juga mudhaf + mudhaf ilaih 


مَسْجِدُ رَسُوْلِ اللهِ جَمِيْلٌ

Masjid Rasulullah itu indah 


🍎 Mudhaf awal sebagai isim majrur 

Susunan kalimat: 

Fi'il + fa'il + huruf jar + isim majrur dan juga mudhaf + mudhaf ilaih dan juga mudhaf + mudhaf ilaih

ذَهَبَ أَحْمَدُ إِلَى مَسْجِدِ رَسُوْلِ اللهِ 


Ahmad telah pergi ke masjid Rasulullah 

Sedangkan mudhaf ilaih memang memiliki kedudukan i'rab tersendiri yang memiliki syarat dan kaidah tertentu yaitu harus majrur. 

〰️〰️〰️〰️ 


❹ Penanya : Harumi - 17.03

Pertanyaan : 

Saya coba belajar membaca kitab gundul, nah nemu kalimat seperti ini. 


ليس معنى أنها أم وربة بيت أنها محصورة في هذا العمل(١) ،  و ممنوعة من مزاولة غيره(٢) من الأمال 


Artinya : tidak berarti bahwa sebagai ibu rumah tangga dibatasi dalam aktivitas ini, dan dilarang melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

1. Jika posisinya dalam kalimat 

Jer - isim isyarah - isim 

Apakah posisi isim tersebut tetap kashrah atau dhommah? 

2. Apakah kasroh sampai غيره? 

✍🏻 Jawaban : Tim Muhadharah

1. Isim yang ber alif lam setelah isim isyarah itu adalah badal dari هذا, sehingga i'rab العمل mengikuti i'rab هذا yaitu majrur dengan kasrah karena didahului huruf jar. 

(pembahasan badal akan dijelaskan pada materi berikutnya)

2. Iya kasrah sampai غيره 

〰️〰️〰️〰️ 

❺ Penanya : Sarah Octavia - 17.03

1. Untuk soal waajibaat nanti tipenya seperti apa ya? Apakah seperti yang lalu (menentukan kalimat benar atau salah) begitu?

2. Kalau semisal seperti tipe yang lalu, bolehkah ana meminta satu contoh soal materi pekan ini beserta cara menjawabnya? Karena ana belum punya bayangan bagaimana menjawab soalnya nnti.

3. Apabila tipe soalnya berbeda, bolehkah minta instruksi dan pembahasan soalnya musyrifaat? 

✍️ Jawaban : Tim Muhadharah 

1.) Tipe pertanyaan hampir sama menentukan kalimat  yang ada benar atau salah kah sesuai pelajaran yang sudah di pelajari, baik jumlah fi'liyah maupun jumlah ismiyah dengan tambahan materi pekan ini, karena kaidah yang sudah di pelajari akan terus melekat selama kita belajar ke pekan yang akan datang jadi tidak boleh dilupakan. 

2.) Materi bisa dilihat pada latihan pemanasan tadi pagi atau pada buku nahwu hal. 107 sampai hal. 126 atau materi yang di bagikan.

Contoh soal dan cara menjawabnya sebagai berikut : 


الرَّاسِلُوْنَ جَالِسٌ فِي الْمَكْتَبِ الْبَرِيْدِ ❌ 


SALAH

🪀 Terjemah : Para Pengirim itu duduk di Kantor Pos itu. 

1. Kata جَالِسٌ sebagai khabar tidak sama bilangan (MaLang) dengan mubtada', harusnya جَالِسُوْنَ. 

2. Kata المَكْتَبِ sebagai mudhaf tidak boleh dilekati al, harusnya مَكْتَبِ.

3. Kalimat yang benar:

الرَّاسِلُوْنَ جَالِسُوْنَ فِي مَكْتَبِ الْبَرِيْدِ 


•══════◎❅◎❁ SELESAI ❁◎❅◎══════•

____________________________

KOIN PEKAN 5


١.  يَمْتَلِئُ الْفُصُوْلُ فِيْ أَوْقَاتَ التَّعْلِيْمِ ❌


🍳 fi'il يَمْتَلِئُ seharusnya تَمْتَلِئُ sesuai kaidah MANIS, fail jama' taksir lighairil 'aaqil dihukumi mufrod muannats

🍳 kata أَوْقَاتَ seharusnya أَوْقَاتِ , karena merupakan isim majrur berjenis Jama' Taksir Munsharif, yang majrurnya dengan kasrah

Kalimat yang benar :

تَمْتَلِئُ الْفُصُوْلُ فِيْ أَوْقَاتِ التَّعْلِيْمِ ✅

"Kelas-kelas itu sedang penuh pada (di) waktu-waktu belajar"


➖➖➖➖➖➖➖


٢. عُثْمَانُ حَارِسُ السُّوْقِ فِيْ جَاكَرْتَا ✅

"Utsman (adalah) penjaga pasar di Jakarta"


➖➖➖➖➖➖➖


٣.  إِشْتَرَيْنَا أَخْبَازٍ لِفُقَرَاءِ ❌


🍳 kata أَخْبَازٍ seharusnya أَخْبَازًا karena maf'ul bih jama' taksir,  manshubnya dengan fathah

🍳 kata فُقَرَاءِ seharusnya فُقَرَاءَ karena sebagai isim majrur jama' taksir (IGM), majrurnya dengan fathah

Kalimat yang benar :

  اِشْتَرَيْنَا أَخْبَازًا لِفُقَرَاءَ ✅

"Kami telah membeli Roti-roti untuk Orang-orang Faqir"


___________________________________________________


PEMANASAN PEKAN 5 

1. a. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan jar dan majrur!

Jawab: 

🍊 Jar yang dimaksud khususnya pada kata jar dan majrur adalah huruf jar, yaitu huruf yang menjarkan isim setelahnya (membuat isim setelahnya wajib dalam keadaan majrur). 


🍊 Majrur adalah isim yang dikenai i'rab jar karena sebab didahului oleh huruf jar atau dengan sebab lain. Hukum asalnya adalah kasrah. Namun ada pula isim yang pada saat i’rab yang berubah adalah hurufnya. 


🥕 Tanda I'rab Jar pada isim Majrur (tidak ada i'rab Jar pada Fi'il) adalah sbb : 


1). kasrah (tanda asli dari jar), yakni pada isim mufrad, jamak taksir dan jamak Muannats salim


2). ya' (ي), pada isim  mutsanna,  jamak mudzakkar salim, dan isim yang lima (asmaul khomsah) 


3). fathah,  pada Isim ghairu munsharif (IGM) 



b. Sebutkan macam-macam huruf jar!

🌼 Bila kalian mimpi lala

بِ - إٍلَى - كَ - لِ - عَنْ -  مِنْ - فِيْ - عَلَى


🌼 Aan Bawa Piala Balik MiniLa

عَنْ - فِيْ - عَلَى - بَ - لِ - كَ - مِنْ - إِلَى

____________________________________________________


2. a. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan mudhaf-mudhaf ilaih!

Jawab :

Mudhaf-Mudhaf ilaih adalah Frasa (susunan kata) yang terdiri dari dua isim. Yang biasa digunakan untuk menjelaskan kepemilikan atau asal dari isim yang pertama (mudhaf). 

🔹Isim yang pertama yang ingin dijelaskan disebut dengan mudhaf.

🔸Isim yang kedua sebagai penjelasan yang disebut mudhaf ilaih.


b. Kaidah-kaidah apa saja yang berlaku untuk mudhaf-mudhaf ilaih?

🍄 Mudhaf tidak boleh bertanwin.

🍄 Mudhaf tidak boleh dilekati Al

🍄 Mudhaf ilaih harus dalam keadaan jar (majrur)

🍄 Mudhaf boleh Rafa', Nashab, dan jar sesuai kebutuhan.

____________________________________________________

3. Sebutkan tanda i'rab kata-kata berikut ketika jar dan berikan masing-masing 1 contoh sebagai isim majrur karena huruf jar dan 1 contoh sebagai mudhaf ilaih!

Jawab :

a. Isim munsharif

✒️Tanda 'irabnya dengan kasrah

Contohnya 

🌷jar  

الْمُدَرِّسُ جَالِسٌ فِي الْمَكْتَبِ

Pak guru itu duduk di dalam kantor.


🌷Mudhaf ilaih   

هـَذَا ضَوْءُ الشَّمْسِ

Ini sinar matahari.


b. Isim ghairu munsharif

✒️Tanda 'irabnya fathah. 

Contohnya 

🌷jar 

 ذَهَبَ الْحُجَّاجُ إِلَى مَكَّةَ

  Orang orang berhaji pergi ke mekkah.


🌷Mudhaf ilaih

 مَرَّتْ هِنْدٌ بِأُمِّ أَحْمَدَ

 Hindun berpapasan dengan ibunya Ahmad.

 

c. Isim mutsanna

✒️Tanda 'irab dengan ya

Contohnya 

🌷jar 

حَامِدٌ مُدَرِّسٌ فِي الْمَدْرَسَتَيْنِ

Hamid adalah guru di dua sekolah.


🌷Mudhaf ilaih 

  سَمِعَتْ فَاطِمَةُ خَبَرَ الصَّادِقَيْنِ

  Fathimah mendengar kabarnya dua orang yang jujur.

  

d. Jamak mudzakkar salim

✒️Tanda 'irabnya ya

Contohnya 

🌷jar 

 طَبَخَتْ الْأُمُّ الرُّزَّ لِلصَّائِمِيْنَ

 Ibu memasak nasi untuk orang-orang yang berpuasa.

🌷mudhaf ilaih 

الدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُسْلِمِيْنَ

Doa adalah senjata kaum muslimin.


e. Jamak muannats salim

✒️Tanda 'irabnya Kasrah

Contohnya 

🌷jar 

الْحِجَابُ وَاجِبٌ لِلْمُسْلِمَاتِ

Hijab itu wajib atas para muslimah.


🌷Mudhaf ilaih 

عَزْمُ الطَّالِبَاتِ قَوِيٌّ

Tekad para siswi itu kuat.


f. Asma'ul khamsah

✒️Tanda 'irabnya ya

Contohnya 

🌷jar 

مَرَرْتُ بِأَبِيْكَ

Saya berpapasan dengan ayahmu.


🌷mudhaf ilaih 

أَكَلَ الذِّئْبُ كَبْشَ أَبِيْكَ

Serigala telah makan biri-biri bapakmu.

____________________________________________


4. Buatlah 1 contoh kalimat dengan susunan :


a. Fi'il madhi + Fa'il + Jar + Majrur

 ذَهَبَ عَلِيٌّ إِلَى الْمَكْتَبَةِ

Ali telah pergi ke perpustakaan


b. Fi'il mudhari + Fail + (Maf'ul bih + mudhaf ilaih)

 يَأْكُلُ الرَّجُلُ لَحْمَ الْبَقَرَةِ

Para lelaki sedang memakan daging sapi.


c. Mubtada + (Khabar + Mudhaf ilaih) 

 عَائِشَةُ أُمُّ الْمُؤْمِنِيْنَ

Aisyah adalah ibu kaum mu'minin.


_________________________________________

UNTUK DIPELAJARI,

SEMOGA BERMANFAAT.


_________________________________________


WAAJIBAAT PEKAN 5

☎ PR Hafalan 

Hafalkanlah kaidah Mudhaf-Mudhaf Ilaih beserta PENJELASAN dan CONTOHNYA untuk setiap kaidah !


✏ PR Tertulis

1⃣ Tentukanlah apakah kalimat berikut ini benar atau salah. Bila SALAH, jelaskan kesalahannya dan berikanlah kalimat yang benarnya.  TERJEMAHKAN semua kalimat tersebut ke dalam Bahasa Indonesia !


١. قَرَأَ ذُوْ عِلْمًا كُتُبَ الْفِقْهِ شَيْخُهُ


٢. يَتَكَلَّمُوْنَ مُسْلِمُ مَكَّةِ عَنْ حَالَةِ الْمُسْلِمُوْنَ


٣. يَعْمَلُ بِنْتُ أَخُو الْمُحَامِيْ فِيْ صَيْدَلِيَّةَ الطَّبِيْبِ


٤.  ظَنُّ الْعَاقِلِ خَيْرٌ مِنْ يَقِيْنِ الْجَاهِلِ


٥. يُصْلِحُ الْمُشْرِفِيْنَ الْوَاجِبَاتَ التَّلَامِيْذِ فِي الْغُرْفَةِ


٦. أَبِيْ مُعَاوِيَةَ عَامِلٌ فِي الْمَصْنَعِ فُوْلَاذًا


٧. أَسَاتِذَتُنَا فُطَنَاءُ


٨. قَلَمُ الرَّصَاصِ مَكْسُوْرٌ عَلَى مَكْتَبِ الْأُسْتَاذِ


2⃣ Buatlah kalimat  BESERTA ARTINYA dengan pola sebagai berikut :


a. Fi'il mudhari' + Fa'il + mudhaf ilaih

b.  Mubtada + mudhaf ilaih + khabar + mudhaf ilaih + jar + majrur

c.  Mubtada + khabar  + mudhaf ilaih + jar + majrur

d.  Fi'il madhi + Fa'il + mudhaf ilaih + maf'ul bih + mudhaf ilaih


⚠ NOTE


❗ Jawaban tidak boleh sama persis dengan buku

❗ Jangan lupa terjemahkan masing-masing jawaban soal bagian 2 ke dalam Bahasa Indonesia.

❗ Membuat kalimat tidak boleh menggunakan isim dhomir & isim isyarah.


‼ CARA KIRIM TUGAS


☎ PR hafalan disetor ke grup tugas/hafalan atau ke WA musyrif/ah masing-masing.


✏ PR tulisan dikirim ke:


1⃣ Pusat:   email pusat binareguler@bisa.id

2⃣ Kelas:  email kelas

3⃣  WA musyrif/ah masing-masing



💦  Judul/subject:


Kelas - Ikh/Akh - Nama - Waajibaat Pekan 5


⛔ TANBIH:

❗ Tidak mengerjakan 1 tugas = DO.

❗ Deadline pengumpulan tugas Jum'at jam 18.00 WIB

❗ Toleransi sampai Jum’at jam 23.59 WIB dengan potongan nilai ✂ 20%.


Comments