BINA PEKAN 10

 Pekan Kesepuluh 

๐Ÿ“‘ Dars 28  :: Mubtada dengan khabar ghairu mufrad (tidak tunggal)

๐Ÿ“‘ Dars 29  :: 'Amil Nawasikh: Kaana

๐Ÿ“‘ Dars 30  :: 'Amil Nawasikh: Inna

๐Ÿ“‘ Dars 31  :: 'Amil Nawasikh: Dzhanna

__________

Ana ingin bertanya beberapa hal :

1. Apakah kalimat dibawah ini sudah sesuai dengan kaidah haal

ุชَุฏْุฎُู„ُ ุจِู†ْุชُ ูَุงุทِู…َุฉَ ุงู„ْู…ُุณْุชَุดْูَู‰ ุถَุนِูŠْูَุฉً

Anak perempuan nya Fatimah sedang masuk rumah sakit dalam keadaan lemah. 

Kaidah nya 

Fiil mudhari+fail+mudhaf ilaih+haal 


2.untuk tamyiz dan maful min ajlih untuk kata ุฅِูŠْู…َุงู†ًุง ,


3.perbedaan kaana dengan dzaraf zaman

Jawaban : MS Rama Yuni


1. kalimat berikut


ุชَุฏْุฎُู„ُ ุจِู†ْุชُ ูَุงุทِู…َุฉَ ุงู„ْู…ُุณْุชَุดْูَู‰ ุถَุนِูŠْูَุฉً

Anak perempuan nya Fatimah sedang masuk rumah sakit dalam keadaan lemah.

Sudah sesuai, dengan kaidah haal 


Dengan i'rab

ุชَุฏْุฎُู„ُ 

Fi'il Mudhari

ุจِู†ْุชُ

Fa'il, Mudhaf

 ูَุงุทِู…َุฉَ

Mudhaf ilaihi


 ุงู„ْู…ُุณْุชَุดْูَู‰

Maful bih

 ุถَุนِูŠْูَุฉً

Haal


Jadi pola yang tepat 

Fi'il mudhari + fa'il + mudhaf ilaih + maf'ul bih + haal 


2. Kata ุฅِูŠْู…َุงู†ًุง merupakan bentuk mashdar, sehingga bisa digunakan untuk maful min ajlih

Sementara tamyiz, harus dari isim jamid, biasanya berupa benda. Bukan bermakna perbuatan hati


3. Kaana ➡️ salah satu amil nawaasikh berupa fi'il 

Dzaraf zaman ➡️ keterangan waktu yg wajib manshub.

Dari contoh yg ada dalam Alquran, kata ุฅِูŠْู…َุงู†ًุง bisa sebagai maful min ajlih dan juga sebagai tamyiz

Untuk penggunaannya tergantung konteks kalimat

Jika tujuannya untuk menjelaskan kalimat yg masih butuh penjelasan maka itu tamyiz

Jika tujuan kalimatnya sebagai alasan mengapa sebuah perbuatan dilakukan maka itu maful min ajlih

Asalnya tamyiz harus isim jamid, jika tidak ada isim jamid yg mewakili apa yang ingin kita jelaskan maka boleh menggunakan isim musytaq


ูˆَ ุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… ุจ ุงู„ุตّูˆุงุจ

_____________

Bismillah,


Ijin bertanya :


1. Ada contoh kalimat (pd materi video animasi jumlah ismiyyah dgn khabar ghairu mufrad) : 


ุงู„ุทَّุจِูŠْุจُ ูِูŠ ุงู„ْู…ُุณْุชَุดْูَ  

(Dokter ada di Rumah Sakit)

Kenapa Isim setelah huruf jar tidak berakhiran kasrah ?


2. Apakah  Fi'il naqish itu hanya teman-temannya Kaana saja ? Atau ada yg lainnya ? Misal ciri-cirinya/karakteristiknya. Sehingga kita bisa memastikan bhw fi'il tsb itu termasuk fi'il naqish.

Jawaban : MS Rinawati, MS Putri & MS Yuni


1. Pada kata ุงู„ู…ُุณْุชَุดْูَู‰ termasuk isim majrur yang dijarkan oleh huruf ูِูŠْ ditandai dengan kasrah muqaddarah (yg ditakdirkan) pada alif

2. Yang termasuk fi'il naqish ada 13 kata, sesuai yg ada dibuku nahwu untuk pemula

Ciri fi'il naqish

Punya isim fi'il dan butuh khabar fiil untuk menyempurnakan maknanya, sehingga menjadi kalimat sempurna

Sementara fi'il taam / sempurna ➡️ tidak butuh khabar dan punya fa'il untuk bisa menjadi kalimat sempurna

______________


             ● Waajibat Pekan 10  ● 


          ๐Ÿ”    B I N R E G   17   ๐Ÿ”Ž




๐Ÿ…ฐ TUGAS HAFALAN ⤵


1⃣ Hafalan 4 jenis khabar ghairu mufrad beserta contoh:


1. Jar majrur 

2. Zharaf 

3. Mubtada khabar 

4. Fi'il fa'il 



2⃣ Hafalan saudara kaana, inna, zhanna beserta artinya



๐Ÿ…ฑ TUGAS TULISAN ⤵


TERJEMAHKANLAH dan tentukanlah apakah kalimat berikut benar atau salah. Bila salah, jelaskanlah kesalahannya dan berikan kalimat yang benar:


ูก. ุฅِู†َّ ุนِู„ْู…َ ุงู„ุตَّุฑْูِ ู„َูŠْุณَ ุตَุนْุจًุง ู„َูƒِู†َّ ุฏُุฑُูˆْุณَู‡ُ ูƒَุซِูŠْุฑٌ 


ูข. ุงู„ุทَّุจِูŠْุจُ ุณَูŠَّุงุฑَุชُู‡ُ  ุฃَู…َุงู…ُ ุงู„ْู…َุฏْุฑَุณَุฉَ 


ูฃ. ูƒَุงู†َุชْ ู…َูŠْุณَุฑَุฉٌ ุงู„ْุฌَู…ِูŠْู„ُ ุทَุงู„ِุจَ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ุงู„ْู…ُุฌْุชَู‡ِุฏِ


ูค. ุชَุธُู†ُّ ุงู„ْุฃُุณْุชَุงุฐَุฉُ ุงู„ุทَّุงู„ِุจَ ุฐَูƒِูŠًّุง 


ูฅ. ุงู„ุงِุจْู†َุงู†ِ ู†َุธَุฑَ ุงู„ْุญَู‚ِูŠْุจَุฉَ ุงู„ْุฌَู…ِูŠْู„َุฉَ ูƒَุฃَู†َّู‡ُ ุฌَุฏِูŠْุฏٌ ูˆَุบَุงู„ِูŠَุฉٌ 

      

_________________

PEMANASAN PEKAN 10


๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ ๐Ÿƒ๐Ÿ        


❶. Apa yang antum ketahui tentang khabar ghairu mufrad? 

๐Ÿ„ Khabar ghairu mufrad adalah khabar majemuk karena khabarnya bukan hanya satu kata, melainkan dua kata atau lebih yang merupakan frasa atau bahkan kalimat yang sempurna.

Sebutkan 4 macam khabar ghairu mufrad, serta berikan contoh kalimatnya masing-masing 1!

๐Ÿ„ Empat macam khabar ghairu mufrad:

1. Jar dan Majrur 
Contoh : 
๐ŸŒŸ ุงู„ْุจَู‚َุฑَุฉُ ูِูŠ ุงู„ْุญَู‚ْู„ِ
Sapi betina (itu) di ladang

2. Zharaf
Contoh : 
⭐ ุงู„ْุญِู…َุงุฑُ ุชَุญْุชَ ุงู„ุดَّุฌَุฑَุฉِ
Keledai itu dibawah pohon.

3. Mubtada Khabar
Contoh :
๐ŸŒŸ ุนَู„ِูŠٌّ ูˆَู„َุฏُู‡ُ ุทَุงู„ِุจٌ
Ali itu, anak laki-lakinya adalah seorang siswa

4. Fi'il dan Fa'il
Contoh : 
๐ŸŒŸ ุงู„ุทَّุงู„ِุจُ ุญَุถَุฑَุชْ ุงُูٔ…ُّู‡ُ
Siswa itu telah datang ibunya.

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

2. Sebutkan saudara-saudara Inna beserta artinya! Kemudian jelaskan pengaruh Inna dan saudaranya terhadap mubtada' khabar! 

๐Ÿ„ Inna ( ุงูٕ†َّ ) artinya sesungguhnya. 
Aamil inna dan yang semisalnya berpengaruh terhadap mubtada' yang tadinya marfu' menjadi manshub dan dinamakan isim inna dan saudaranya, serta khabar tetap marfu' dan dinamakan khabar inna dan saudaranya. 
 
๐Ÿ„ Yang termasuk saudara-saudara ุงِูٕ†َّ adalah:

๐Ÿ’ซ  ุฅِู†َّ ( sesungguhnya)
๐Ÿ’ซ  ุงَูٔ†َّ ( sesungguhnya)
๐Ÿ’ซ  ู„َูƒِู†َّ ( akan tetapi )
๐Ÿ’ซ  ูƒَุงَูٔ†َّ ( seperti )
๐Ÿ’ซ  ู„َูŠْุชَ ( andai )
๐Ÿ’ซ  ู„َุนَู„َّ ( supaya/ semoga )


๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

3. Sebutkan saudara-saudara Kaana beserta artinya! Kemudian jelaskan  pengaruh Kaana dan saudaranya terhadap mubtada' khabar! 

๐Ÿ„ Kaana (ูƒَุงู†َ) artinya ada atau terjadi. 
Aamil kaana dan yang semisalnya menjadikan mubtada' tetep marfu' dan dinamakan isim ูƒَุงู†َ dan mengubah khabar yang asalnya marfu' menjadi manshub dan dinamakan khabar ูƒَุงู†َ.

๐Ÿ„ Yang termasuk saudara-saudara ูƒَุงู†َ adalah : 
⭐  ูƒَุงู†َ
( ada, terjadi )
⭐  ุงَูٔ…ْุณَู‰ 
( memasuki waktu sore )
⭐  ุงَุٔตْุจَุญَ 
( memasuki waktu shubuh)
⭐  ุงَุٔถْุญَู‰
( memasuki waktu dhuha )
⭐  ุธَู„َّ
( pada waktu siang )
⭐  ุจَุงุชَ 
( Pada waktu malam ) 
⭐ ุตَุงุฑَ
( menjadi )
⭐ ู„َูŠْุณَ
 ( tidak )

⭐ ู…َุง ุฏَุงู…َ ، ู…َุง ุจَุฑِุญَ ، ู…َุง ูَุชِุฆَ ، ู…َุง ุงู†ْูَูƒَّ ، ู…َุง ุฒَุงู„َ
( senantiasa )

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

4. Sebutkan saudara-saudara Zhanna beserta artinya! Kemudian jelaskan pengaruh Zhanna dan saudaranya terhadap mubtada' khabar! 

๐Ÿ„ Zhanna (ุธَู†َّ) artinya menyangka atau mengira.
Aamil zhanna dan yang semisalnya menjadikan mubtada' dan khabar manshub keduanya. 

๐Ÿ„ Yang temasuk saudara-saudara zhanna adalah : 

✨ ุธَู†َู†ْุชُ 
( menyangka )
✨ุญَุณِุจْุชُ 
( mengira )
✨ ุฎِู„ْุชُ 
( membayangkan )
✨ ุฒَุนَู…ْุชُ 
( menduga /mengira) 
✨ุฑَุงَูٔŠْุชُ  
( berpandangan/ berpendapat)
✨ ุนَู„ِู…ْุชُ 
( memgetahui )
✨ ูˆَุฌَุฏْุชُ 
( mendapati )
✨ุงِุชَّุฎَุฐْุชُ 
( menjadikan )
✨ ุฌَุนَู„ْุชُ 
( menjadikan )

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

5. Buatlah kalimat dengan menggunakan pola di bawah ini:

a.  Kaana/saudaranya + isim kaana + jar + majrur

๐ŸŽูƒَุงู†َุชِ ุงู„ุทَّุงู„ِุจَุฉُ ูِูŠ ุงู„ْูَุตْู„ِ
Siswi itu berada di kelas

b. Mubtada + khabar ghairu mufrad (jumlah ismiyyah) 

๐ŸŽูَุงุทِู…َุฉُ ุจِู†ْุชُู‡َุง ุทَุงู„ِุจَุฉٌ
Fatimah itu anak perempuannya adalah seorang siswi.

c. Inna/saudaranya + isim inna + zharaf zaman + mudhaf ilaih

๐ŸŽ ุงِูٕ†َّ ุงู„ْูˆِุชْุฑَ ุจَุนْุฏَ ุงู„ْุนِุดَุงุกِ
Sesungguhnya witir itu setelah 'isya.


d. Zhanna/saudaranya + fail + maf'ul bih awwal + maf'ul bih tsani 

๐ŸŽ ุนَู„ِู…ْุชُ  ูَุงุทِู…َุฉَ ุฌَู…ِูŠْู„َุฉً
Saya mengetahui bahwa Fatimah itu cantik.

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

___________

PEMANASAN PEKAN 10

๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ ๐Ÿƒ๐Ÿ        
Bismillah,

❶. Apa yang antum ketahui tentang khabar ghairu mufrad? Sebutkan 4 macam khabar ghairu mufrad, serta berikan contoh kalimatnya masing-masing 1!

Jawab :

Khobar ghoiru mufrod adalah khobar yang memiliki lebih dari satu kata. Bisa dua atau tiga kata, dan seterusnya. Jadi khobar ghoiru mufrod itu khoabarnya bukan satu kata.

➖➖➖

๐ŸŒผ 4 macam khabar ghairu mufrad beserta contohnya adalah sbb :

 1). Jar majrur.
 contoh :
 ๐ŸŒผ ุญَุงู…ِุฏٌ ูِูŠ ุงู„ْู…َุทْุจَุฎِ
  "Hamid di dapur"
    

2). Dzharaf.
contoh :
๐ŸŒผ ุงู„ุณَّูŠَّุงุฑَุฉُ ุงู„ْุฌَุฏِูŠْุฏَุฉُ ุฃَู…َุงู…َ ุงู„ْู…َุฏْุฑَุณَุฉِ
"Mobil yang baru itu di depan sekolah"


3). Mubtada khobar.
contoh :
๐ŸŒผ ุงู„ْู…ُุฏِูŠْุฑُ ุญَู‚ِูŠْุจَุชُู‡ُ ู…َูƒْุณُูˆْุฑَุฉٌ
"Direktur itu tasnya rusak"

4). Fi'il dan fa'il
 contoh :
 ๐ŸŒผ ุงู„ْุจِู†ْุชُ ุฐَู‡َุจَุชْ ุฃُู…ُّู‡َุง
  "Anak (pr) itu ibunya telah pergi"
  
๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

2. Sebutkan saudara-saudara Inna beserta artinya! Kemudian jelaskan pengaruh Inna dan saudaranya terhadap mubtada' khabar! 
Jawab :

Saudara inna beserta artinya adalah sbb :
๐ŸŒผ ุฅِู†َّ : sesungguhnya
๐ŸŒผ ุฃَู†َّ :sesungguhnya,  bahwasannya
๐ŸŒผ ู„َูƒِู†َّ : akan tetapi
๐ŸŒผ ูƒَุฃَู†َّ : seperti
๐ŸŒผ ู„َูŠْุชَ : andai
๐ŸŒผ ู„َุนَู„َّ : supaya,  semoga


Pengaruh inna Dan saudaranya terhadap mubtada' Khabar :
menjadikan mubtada manshub dan khobar tetap marfu'

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

3. Sebutkan saudara-saudara Kaana beserta artinya! Kemudian jelaskan  pengaruh Kaana dan saudaranya terhadap mubtada' khabar! 
Jawab :

Saudara Kaana beserta artinya adalah sbb :
๐ŸŒผ ูƒَุงู†َ : adalah,  menjadi
๐ŸŒผ ุฃَู…ْุณَู‰ : memasuki waktu sore
๐ŸŒผ ุฃَุตْุจَุญَ : memasuki waktu shubuh
๐ŸŒผ ุฃَุถْุญَู‰ : memasuki waktu dhuha
๐ŸŒผ ุธَู„َّ : pada waktu siang
๐ŸŒผ ุจَุงุชَ : pada waktu malam
๐ŸŒผ ุตَุงุฑَ : menjadi
๐ŸŒผ ู„َูŠْุณَ : tidak
๐ŸŒผ ู…َุงุฏَู…َ๐Ÿ”ธู…َุงุจَุฑِุญَ๐Ÿ”ธู…َุงูَุชِุฆَ๐Ÿ”ธู…َุงุงู†ْูَูƒَّ๐Ÿ”ธู…َุงุฒَุงู„َ : senantiasa

Pengaruh Kaana dan saudaranya terhadap mubtada' khabar : menjadikan khobar manshub sedangkan mubtadanya tetap marfu'.

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

4. Sebutkan saudara-saudara Zhanna beserta artinya! Kemudian jelaskan pengaruh Zhanna dan saudaranya terhadap mubtada' khabar! 
Jawab :

saudara dzhanna beserta artinya adalah sbb :
๐ŸŒผ ุธَู†َู†ْุชُ : Saya menyangka
๐ŸŒผ ุญَุณِุจْุชُ : Saya mengira 
๐ŸŒผ ุฎِู„ْุชُ :  Saya membayangkan
๐ŸŒผ ุฒَุนَู…ْุชُ : Saya menduga, saya mengira
๐ŸŒผ ุฑَุฃَูŠْุชُ :   Saya melihat 
๐ŸŒผ ุนَู„ِู…ْุชُ :  Saya mengetahui
๐ŸŒผ ูˆَุฌَุฏْุชُ :Saya mendapati
๐ŸŒผ ุงِุชَّุฎَุฐْุชُ :  Saya menjadikan
๐ŸŒผ ุฌَุนَู„ْุชُ :  Saya menjadikan
๐ŸŒผ ุณَู…ِุนْุชُ :  Saya mendengar

Pengaruh Zhanna dan saudaranya terhadap mubtada' khabar : menjadikan mubtada dan khobar manshub keduanya.

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ

5. Buatlah kalimat Dengan menggunakan pola di bawah ini:
➖➖➖

 a.  Kaana/saudaranya + isim kaana + jar + majrur
ูƒَุงู†َ ุชُูَّุงุญٌ ู„ุฃُِู…ِّ

"Apel untuk ibu"

➖➖➖

 b. Mubtada + khabar ghairu mufrad (jumlah ismiyyah)
 
ุฎَุงู„ِุฏٌ ุฏَุฑَّุงุฌَุชُู‡ُ ู†َุธِูŠْูَุฉٌ 

"Khalid itu sepedanya bersih"

➖➖➖

 c. Inna/saudaranya + isim inna + zharaf zaman + mudhaf ilaih

ุฅู†َّ ุงู„ุตَّูˆْู…َ ุดَู‡ْุฑُ ุฑَู…َุถَุงู†َ

Sesungguhnya puasa itu di bulan ramadhan

➖➖➖

d. Zhanna/saudaranya + fail + maf'ul bih awwal + maf'ul bih tsani 

ุญَุณِุจْุชُ ูَุงูƒِู‡َุฉً ุญُู„ْูˆًุง
"Saya mengira buah itu manis"

➖➖➖
-------------

๐ŸŒผ Tessi 17.02

__________________________________________________________________

KJ KOIN Pekan 10

๐Ÿ“ BENARKAN dan TERJEMAHKAN kalimat-kalimat berikut ini!


ูก. ุฅِู†َّ ุงู„ْุญَุงุฆِุทُ ูˆَุณِุฎٌ❌

⬅️ ุฅِู†َّ ุงู„ْุญَุงุฆِุทَ ูˆَุณِุฎٌ✅
Sesungguhnya dinding itu kotor


ูข. ุฃَู†ْุชَ ู‚َูˆِูŠَّุฉٌ ู„َูƒِู†َّูƒِ ู…ُุณْุชَู†ِุฏٌ❌

⬅️ ุฃَู†ْุชَ ู‚َูˆِูŠٌّ ู„َูƒِู†َّูƒَ ู…ُุณْุชَู†ِุฏٌ ✅
Kamu kuat tetapi kamu bersandar


ูฃ. ูƒَุงู†َ ุงู„ْุจَู‚َุฑَุฉُ ูِูŠ ุงู„ْุญَุทِูŠْุฑَุฉِ❌

⬅️ ูƒَุงู†َุชِ ุงู„ْุจَู‚َุฑَุฉُ ูِูŠ ุงู„ْุญَุทِูŠْุฑَุฉِ✅
Atau
⬅️ ูƒَุงู†َุชْ ุงู„ْุจَู‚َุฑَุฉُ ูِูŠ ุงู„ْุญَุทِูŠْุฑَุฉِ✅
Dahulu sapi betina itu berada di dalam kandang


ูค. ู…َูŠْุณَุฑَุฉُ ุฎَุทُّู‡ُ ุญَุณَู†ًุง ❌

⬅️  ู…َูŠْุณَุฑَุฉُ ุฎَุทُّู‡ُ ุญَุณَู†ٌ ✅
Maisarah tulisannya bagus


ูฅ. ุฌَุนَู„َ ุงู„ู„ّٰู‡َ ุงู„ุฑَّุญْู…َุฉُ ู…ِุงุฆَุฉُ ุฌُุฒْุกٍ ❌

⬅️  ุฌَุนَู„َ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุงู„ุฑَّุญْู…َุฉَ ู…ِุงุฆَุฉَ ุฌُุฒْุกٍ✅
Allah menjadikan sifat Rahmat seratus bagian


Comments