Pasca Operasi Katarak dan Laser di RS Mata Cicendo & Pengalaman berobat di RSHS

Bismillahirrohmaanniroohiim..

Assalaamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh....


 Peringatan : postingan ini (sangat) panjang.

Mau update perkara Mata. Terakhir saya cerita beres operasi itu Februari 2017 ya (bisa dibaca disini) Naaahh ternyata belum selesai dong....
karna rupanya ada katarak sekunder... katarak sekunder ini muncul akibat operasi, gitu kata dokter A. Tapiiii, katarak sekunder penanganannya gak perlu dioperasi lagi kyk yang pertama. Hanya perlu dilaser saja. Yang mana nunggu dulu si katarak sekundernya "mateng" duluuu.... karena beberapa kali kontrol saya tanya kapan jadwal laser saya, setiap dokter dan residen yang saya tanya jawabannya "belum memenuhi syarat laser,bu".

Katarak sekunder rasanya gimana ? Brasanya kyk belum nemu fokus aja, walo gak berat, karna mungkin sudah membaik pasca operasi.

Singkat cerita, pergilah saya menjajaki dari awal prosedur rawat jalan pasien lama pengguna BPJS di Cicendo. Daftar Online via Web, klik gambar lingkaran Hijau sebelah kiri atas. Lupa bulan apanya saya ke Cicendo lagi buat priksa mata setelah operasi. Setelah diperiksa dokter A dan diberi penjelasan bahwa itu adalah katarak sekunder, saya dikasih beberapa obat lagi, dengan dosis yg semakin menurun, dan kunjungan kontrol yang semakin lama (dari mulai kontrol seminggu skali, 2 minggu skali, 3 minggu skali, sampai sebulan sekali). Karna pakai BPJS, jadi maaf ya saya gak tau harga normal obat dipasaran berapa (Saya bilang skrg karna banyak yang masuk nanya harga obat). Setelah pemakaian obat katarak sekundernya udah mateng dan masuk syarat wajib laser, waktu itu ping pong lagi dari poli Infeksi ke poli Katarak. Karena yang kasih lampu hijaunya adalah poli Infeksi jadi saya ikutin prosedur disana dulu. Dan poli Katarak hanya bagian eksekutor saja. Dilasernya hari itu juga, tanpa persiapan apapun bisa langsung, saya tanpa ditemani siapapun.

LASER

Dilasernya masih dilantai 2 juga, selantai dengan poli Infeksi dan poli Katarak, tapi bukan di poli kataraknya. Beda ruangan. Antri nunggunya skitar 10menitan, dan proses lasernya cuma skitar 5 menitan. Cepet dan gak kerasa apapun, gak sakit sama skali. Biasa aja aslinya. Mata kita kek di"tembakin" beberapa puluh kali (kasus saya) sama 2 dokter residen. Beres laser gak ditutup perban, langsung bisa liat, biasa aja pake kacamata minus lagi. Dan pulang.

_____________________________________________________________________________


Waktu berlalu....
Pergantian tahun ke 2018, mata saya brasa ada bayangan yang ngikutin terus klo saya lagi kecapean, letih, banyak pikiran... bayangannya bening kyk bercak tetesan air... 
Saya gak mau ambil resiko lagi, jadi saya periksa mata segera dimulai dari puskesmas, RS PINDAD, sampai RS Mata Cicendo lagi. Beres urusan rujuk merujuk, saya ke Cicendo bulan Maret 2018.


Maret 2018 - Juli 2018

Rawat jalan dengan status pasien lama ke Cicendo bertekad untuk tau apa penyebab bayangan yang suka ngikutin ini dimulai dengan daftar online di Web : https://www.cicendoeyehospital.org/ 
Tahun lalu dokter residen (lupa namanya) pernah bilang kalau saya menderita Uveitis Anterior. Jadi, si katarak yang saya derita itu adalah akibat dari Uveitis ini. Kalau masalah Kataraknya udah beres. Karna sudah di operasi dan di laser. Chase closed.
Nah pertanyaannya adalah, "kenapa uveitis ini masih ada ? koq gak ilang ?" sampai, "Apakah penyebab Uveitis ini ?"

Kebanyakan dari kita gak familiar sama Uveitis, saya pun googling kemana-mana, dan suka ngeri sendiri bacanya, heuheu... singkatnya dia adalah peradangan mata. Untuk kasus saya peradangannya bagian Iris (anterior). Syukur alhamdulillah mata kanan saya ini gak pernah merah, sakit, linu, berat atau apapun... beneran asli kyk biasa aja,normal... wallahualam kenapa bisa begitu... 

4 bulan bolak balik Cicendo dikasih resep yang sama dengan dosis dan kunjungan rawat jalan yang semakin menurun... Saya ingat hari itu hari Jumat, dan bertekad mau mengakhiri pertanyaan di benak. Gemes soalnya....
Hari itu saya di periksa langsung oleh dokter kepala, Dokter S, pas banget beliau tau sejarah saya dari awal saya kesini, 3 tahun lalu. Setelah berdiskusi gak panjang apalagi lebar, akhirnya diputuskan saya dirujuk ke dokter Penyakit Dalam. Masih di lantai 2 juga dan diperiksa oleh Dokter M. 

Kalo sekilas keliatannya prosesnya cepet ya, aslinya super lamaaaa,...rekam medis belom dianterlah, kepotong istirahatlah, nunggu dokternya beres ngapainlah, susternya kedistract ngobrolah, cek hp, dll. jadi kita bisa seharian disana...
Setelah ketemu Dokter M, dan diskusi mayan lama karna saya keukeuh pengen tau kenapa uveitis ini tak kunjung sembuh. Takutnya saya Autoimun. Sampai akhirnya beliau memutuskan untuk merujuk saya ke RSHS. Iya, RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin).
Dalem hati waktu itu "Allohu Akbar, apalagi iniiiii..." 
Kenapa di rujuk ke RSHS ? karena di RS Cicendo tidak ada Sub Spesialis Penyakit Dalam. Penanganan yang tepat dilakukan sama Sub Spesialis Penyakit Dalam yang hanya ada di RSHS. Bhaiiiq....

Urus rujuk merujuk lagi dari Cicendo ke RSHS. Ini prosesnya bentar, asal jangan belok ke kantin dulu aja.

Oh ya, pada kunjungan "terakhir" saya ke Cicendo ini (sebelum saya berobat ke RSHS) ada peraturan baru dari BPJS, yaitu klo Surat rujukan dari Faskes 1 hanya berlaku selama 3 bulan. Artinya klo saya mo kesini lagi harus lewat jalur puskesmas lagi. Mariiii....

Rujukan dari Cicendo ke RSHS berlaku 3 bulan juga. Jadi saya bisa berobat ke RSHS sampai bulan Oktober 2018. 




Juli 2018 - Oktober 2018

Pengalaman berobat di RSHS

Sebagai orang yang baru pertama kali mau berobat ke RSHS, saya browsing sana sini dulu, cari info ke beberapa teman, biar pas kesana semua dokumen siap, dan saya kebayang mo kemana dulu. Intinya adalah semua rujukan dari puskesmas sampai RS dan kelengkapan diri di fotocopy rangkap 3. Amannya sih 4. Skalian buat pribadi. 

Pertama kali ke RSHS itu hari Senin, niat saya cek ombak dulu buat ambil nomer aja pengen tau dapet nomer brapa, sekitar jam 9 pagi sampe sana trus dapet nomer 1045 ! hahahah.... Pas denger dan liat jam segitu itu ternyata baru di panggil no antrian 50an... saya tanya Satpam, katanya kira-kira saya di panggil abis Dzuhur. Yuk. Saya gak sanggup tinggal Hanz lama-lama, jadi saya putusin pulang lagi. Tapi gak kesel juga, karna niat awalnya cuma mo cek ombak aja, liat situasi RS, kantin dimana, mushola dimana, fotocopyan dimana, tukang baso dimana, dan semua pelosoknya penuuuuuh orang... gak mungkin bawa Hanz kesini pikir saya.

Oya, kalo yang baru pertama kali dan belum punya no rekam medis RSHS gak bisa Daftar Online dulu ya, jadi kudu dateng langsung kesana,... makannya antrian paginya kek uler makan coki-coki. Konon pada dateng subuh (mungkin ini yg dari luar kota). Kalo pasiennya udah sepuh atau anak kecil, mending dirumah aja dulu (untuk yang di Bandung) karena prosesnya makan waktu berjam-jam. Di poli aja lama lagi antri nunggu sampai ketemu dokternya. Belom lagi drama antri fotocopyan yang seringkali disalip, kebanyakan sih yang sepuh-sepuh malah justru yang nyalip antrian. Trus WC lantai dasar selalu penuh dan bau, heu... mending langsung ke lantai 2 atau 3 skalian, gak antri, gak bau. 

Balik lagi ke cerita,
Kunjungan saya berikutnya udah lebih niat. hihihi... Dateng jam 6.30an, dapet antrian nomer 750an.. mayanlah pikir saya, sbelum Dzuhur minimal udah antri di poli. Bener aja hari itu alhamdulillah lancarrrrr.... ketemu pertama kali dokter Spesialis Penyakit Dalam-nya di Gedung Anggrek Lantai 3. Susternya sigap, cepet, teges, kooperatif, ramah. Dicek tensi, berat badan dan tinggi badan. Dokternya perempuan mungil berhijab. Dia catat apa yang saya omongin, dan dia ngerti klo saya kesini untuk cari tau penyebab Uveitis ini apa. 

Lalu, hari itu juga saya dirujuk lagi ke Sub Spesialis Penyakit Dalam ke Lantai 2 (masih di gedung Anggrek). Alhamdulillah lagi dipertemukan sama suster-suster yang baik, kooperatif sekali. Nunggu dokternya sekitar 30menitan, karna Khusus SUB Spesialis PD-Infeksi, dokternya gak ada yang ngendon stay diem disana, saking jarangnya yang kena penyakit ini. Jadi dokternya panggilan (On Call).

Pertama kali ketemunya sama dokter F, perempuan, dan ternyata lebih muda dari saya, kirain ketemunya sama dokter senior. Saking canggungnya dia panggil saya "teteh" hehehe.... Disini ngobrol lama dan detail, dari mulai masalah rambut, mata, gigi, kehamilan, alergi obat, keguguran, darah rendah, suka kesemutan, suka migren, anak-anak juga ditanyain riwayat penyakitnya. Kalau priksa berat badan tinggi badan, sama tekanan darahnya sudah di kamar suster. Dokter F bilang, Uveitis ini penyakit yang jarang diketahui penyebabnya apa, karna saking banyaaaaaaaaaak faktornya, jadi harus cek lab darah satu-satu. jatah saya 15 kali lab. Prosedur BPJS yang terbaru saat itu adalah 1 hari hanya boleh 2 lab saja. Jadilah sejak saat itu perjalanan ambil darah cek lab saya rutin di RSHS. Dari Mulai TORCH, AUTOIMUN, sampai HIV. 

Untuk teknis perjalanan dari loket pendaftaran(lantai 1), trus ke poli(lantai 2) minta lembar buat test darah, trus menuju lab(beda gedung, jalan kakinya lumayan), antri lab nya sampe 3 lapis (2x di luar ,1x di dalem) itu rasanya saya gak sanggup ceritain detail disini, bisi udah lemes duluan... hehe... pokonya siapin fisik dan mental, jangan berekspektasi terlalu tinggi. Pasrah aja udah disana mah... heheheh... banyakin cemilan, bawa bacaan.

Setelah 3 bulan bolakbalik RSHS, hasil lab saya alhamdulillah semua aman, baik, gak ada masalah. Kelanjutannya ? Dokter Sub Spesialis RSHS merujuk balik lagi ke Cicendo untuk ditangani disana saja. Wokeeeehhh..... Gak dikasih obat sama skali, beneran aseli cuma bolak balik lab ambil darah dan ambil hasil doang, ngobrol sama dokternya juga paling lama 3 menitan. Jadi kita ketemu dokter setiap udah ada hasil lab, biar gak bolakbalik ke RSHS, kita ambil darahnya bareng sama ketika ada hasil lab sebelumnya keluar. Hasil tiap lab beda-beda durasi waktu selesainya. Paling bentar hasil labnya beres 3 hari dari sejak kita ambil darah, paling lamanya semingguan gt... Kalo gak keliru,  Autoimun hasilnya paling lama...
Oia, saya gak melulu ditangani sama dokter F, selalu beda-beda, semua masih muda, yang paling kooperatif dokter terakhir yang merujuk saya ke Cicendo lagi, sampe nyemangatin saya. Makasih Dok (entah namanya siapa, wkwkwk)

Hmmm klo boleh kasih masukan, kepada yth para dokter (terutama yang muda mudi), sesibuk apapun, sebanyak apapun pasien diluar menanti, usahakan sempatkanlah berkenalan dengan pasien. Walau cuma 7 detik bilang : "Halo nama saya dokter Gulali, saya periksa ibu/bapak skrg ya" .... karna apa ? karna itu akan membuat segalanya lebih nyaman untuk pasien. Mungkin prosedurnya udah ada ya, saya gak tau deh,... yang saya tekankan, saya sebagai pasien awam ingin tau apa yang terjadi dengan tubuh saya, klo masih ada jarak rasanya jadi ngeBlank mau nanya apapun juga. #curhat

Ohya, random info, ada abang buah gerobak merah dideket pertigaan RSHS yang enak bersih muraaaaah...segelas cuma 5.000 isinya banyak, seger semua. Kalo yang di depan Cicendo 10.000 dengan buah yang udah menupose semua. Ini penting dikala nunggu dipanggil kadang kita laper, daripada beli gorengan mending beli buah 2 gelas, kenyang sampe Dzuhur. Paling enak Nangka, Mangga, Jambu Air! 



Oktober 2018

Balik lagi ke Cicendo dengan melalui proses ke puskesmas lagi, PINDAD lagi. Perbaharui Rujukan. Kali ini rujukan saya ke Cicendo berlaku sampai Akhir Januari 2019. Semua rujukannya di fotocopy 5 rangkap. Karna saya pasien lama, jadi saya daftar online.

Pertama kali rawat jalan pasca RSHS ketemu lagi sama dokter S, di surat kontrol Cicendonya (bulan Juli lalu) beliau tulis "Kontrol jika ada hasil lab", so here i come, maaaam.... 
setelah beliau cek hasil lab saya dari RSHS dia kasih saya resep obat tablet. Namanya Methylprednisolone, obat tetes Cyclone, sama obat tetes P-pred. 
"Hasil labnya bagus, semua aman...", Jadi masih belum tau penyebabnya apa dok ?, "belum bu".
Bhaiqq.... Tebus resep ke apotek, ambil nomer, makan siang, ambil obat, pulang. Seminggu lagi kontrol.

Kontrol kedua gak ketemu dokter S, ketemunya sama dokter residen senior keknyah... entah namanya siapa, gak kliatan nametagnya euy,... Nah beliau ini yang jelasin detail prahara Uveitis... singkat cerita "Uveitis ini 30% tidak diketahui penyebabnya, dan kita maen di 70% ini ya bu, diusahakan tetap semangat yah bu, perjalanan ibu udah 3 taun ya,,,, apakah ibu sehat hari ini?" pertanyaan yang sungguh janggal ketika saya batuk dihadapan beliau hihihihi... trus dia kasih resep tablet tambahan lagi namanya Ranitidine HCL. Konon obat yang dari dokter S, ini keras buat lambung. Beres disemangatin, tebus resep, makan siang, pulang. 

Klo di saya si obat ranitidine HCl ini kagak cuco pisan karna NAMBAH NAPSU MAKAN GILA GILAAN! seharian lapaaaaaaaaaaarrrrrrr mulu sgitu makan nasi 3x sehari. jadi saya stop sampai 2 kali pemakaian saja. Maaf dok... Lambung saya aman digempur Methylprednisolone koq. Beliau kasih surat kontrol lagi 3 minggu kedepan, 15 November 2018.

____________________________________________________________________________

Oia, BPJS ini makin sini makin ketat aturannya. Saya dikasih obat dari dokter selama 3 minggu cukup banyak HARUSNYA. Namun yang saya dapet hanya untuk 10 harian saja. Sisanya saya diresepkan apoteker untuk beli diluar saja katanya. Saya tanya kenapa, konon karna ketersediaannya terbatas. Jadi ya terima nasip. BPJS makin sini makin ketat aturannya. Banyak sabarnya yah....


Sekian updatean saya kali ini. 
Maaf kalo gak berfaedah, cuma ingin sharing pengalaman selama berobat jalan selama hampir 2018 ini.
Terima kasih bagi yang sudah sudi membaca. Semoga bermanfaat.

Comments